Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka? Ini Jawaban Kepala BKN

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 10:04 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Kapan Pendaftaran CPNS 2021 Dibuka? Ini Jawaban Kepala BKN
Jakarta -

Jadwal pendaftaran CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang sempat ditunda kini mulai menemukan titik terang. Jika tak ada perubahan lagi, semua akan dilaksanakan akhir Juni 2021.

"BKN masih berupaya akhir Juni pendaftaran sudah bisa dimulai," kata Kepala Badan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana kepada detikcom, Jumat (18/6/2021).

Rekrutmen pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK nantinya akan dibuka secara bersamaan. "Iya serempak, karena hanya boleh memilih satu formasi," tuturnya.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan mundur lagi, Bima menyebut semua itu tergantung dari kesiapan formasinya yang ditetapkan KemenPAN-RB. Sebab, masih ada beberapa kabupaten/kota belum selesai formasinya.

"BKN sudah siap, tinggal formasinya belum masuk semua. Sebagian besar sudah siap, tapi ada yang minta revisi dan minta pembatalan karena masalah anggaran," bebernya.

Mengingat pembukaan pendaftaran belum ditentukan, bagi kamu yang mau mendaftar CPNS 2021 dapat mengecek kembali atau menyelesaikan persyaratan yang telah ditentukan.

Berikut syarat-syarat pendaftaran CPNS 2021:

1. Peserta harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar. Kecuali jabatan tertentu, paling tinggi 40 tahun
2. Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat pelamaran:
• Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis
• Dokter Pendidik Klinis
• Dosen, Peneliti dan Perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor)
3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian atau pegawai swasta
5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI atau anggota kepolisian.
6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
7. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
8. Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI
10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPPK

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi abdi negara pastikan sudah memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS 2021 di atas sebelum jadwal baru pendaftaran diumumkan. Untuk informasi terkait pendaftaran CPNS 2021 kapan dibuka, pantau update terbaru dari BKN melalui akun Instagram @bkngoidofficial.

Lihat juga Video: Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya

[Gambas:Video 20detik]



(aid/fdl)