Bocoran Soal Tes CPNS 2021: TWK, TIU, dan TKP Cek di Sini!

Aulia Damayanti - detikFinance
Minggu, 20 Jun 2021 06:31 WIB
Peserta tes CPNS
Bocoran Soal Tes CPNS 2021: TWK, TIU, dan TKP Cek di Sini!/Foto: Dok. Kementerian ESDM

Berikut tata cara pelaksanaan SKD CPNS 2021:

Dalam PermenPANRB No.27/2021, ketentuan pelaksanaan SKD CPNS 2021 tertuang dalam Pasal 39. Pelaksanaan SKD yang menggunakan sistem CAT dilaksanakan dalam durasi waktu 100 menit dengan jumlah komposisi soal, tata cara penilaian, dan Nilai Ambang Batas SKD ditetapkan oleh Menteri.

Bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan khusus penyandang disabilitas, berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Waktu pelaksanaan SKD dilaksanakan dalam durasi waktu 130 (seratus tiga puluh) menit
b. Nilai Ambang Batas yang berlaku pada jenis penetapan kebutuhan khusus penyandang disabilitas
c. Dalam hal terdapat kendala teknis dan memerlukan pendampingan, panitia seleksi instansi menyediakan pendamping atau aplikasi pendukung.

Bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada kebutuhan umum atau kebutuhan khusus selain kebutuhan khusus penyandang disabilitas, berlaku ketentuan sebagai berikut:

a. Waktu pelaksanaan SKD dilaksanakan dalam durasi waktu 100 (seratus) menit
b. Nilai Ambang Batas yang berlaku pada jenis penetapan kebutuhan yang dilamar
c. Dalam hal terdapat kendala teknis dan memerlukan pendampingan, panitia seleksi instansi menyediakan pendamping atau aplikasi pendukung.

Panitia seleksi instansi terus berkoordinasi dengan BKN dalam menyiapkan aksesibilitas pada lokasi pelaksanaan SKD agar menyesuaikan dengan kondisi fisik pelamar penyandang disabilitas.

Nantinya hasil SKD seluruh pelamar disampaikan oleh ketua Panselnas kepada PPK masing-masing Instansi Pemerintah melalui SSCASN. Hasil kelulusan SKD ditetapkan dengan keputusan ketua panitia seleksi instansi dan diumumkan oleh setiap Instansi Pemerintah berdasarkan hasil SKD kepada seluruh pelamar.

Perlu diketahui bahwa bobot nilai SKD adalah 40%, sedangkan bobot nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebesar 60%, dari total keseluruhan nilai yang didapat peserta dari hasil tes CPNS 2021.

Buat kamu yang berminat mengikuti CPNS 2021 wajib catat kisi-kisi CPNS 2021 dan tata cara pelaksanaan SKD ini! tensi keteknisian, perjuangan, kerakyatan dan keikhlasan. Dengan harapan anak muda bisa mengatasi segala hambatan dalam pembangunan EBT.


(zlf/zlf)