Ada Lowongan CPNS 2021 Lulusan SMA, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 28 Jun 2021 11:55 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Ada Lowongan CPNS 2021 Lulusan SMA, Ini Syarat dan Cara Daftarnya/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sejumlah instansi telah membuka lowongan CPNS 2021 lulusan SMA. Informasi terkait pendaftaran CPNS 2021 akan disampaikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam sebuah konferensi pers terkait pendaftaran CPNS-PPPK 2021 pada Selasa (29/6/2021) besok.

Nantinya, rekrutmen CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang keduanya akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Seleksi CPNS hanya dipersyaratkan bagi WNI dengan batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar. Sedangkan untuk kualifikasi pendidikan, sejumlah instansi membuka lowongan CPNS 2021 lulusan SMA atau sederajat, Diploma, S1 hingga S2 disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan di instansi tersebut.

"Kualifikasi pendidikan ini disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan masing-masing instansi," jelasnya.

Hingga saat ini, dari sejumlah formasi yang sudah dibuka, telah dipastikan bahwa setidaknya terdapat dua instansi yang membuka lowongan CPNS 2021 lulusan SMA.

Satu di antaranya adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengumumkan kebutuhan formasi CPNS 2021 sebanyak 2.445 formasi. Di mana untuk persyaratan pendidikannya yang dibuka mulai dari SLTA atau Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai S2.

Selain itu ada juga Basarnas yang membuka lowongan CPNS 2021 lulusan SMA untuk sederet formasi jabatan. Dari total itu 27 formasi yang dibuka, terdapat sejumlah formasi jabatan yang menerima CPNS 2021 lulusan SMA/Sederajat seperti Rescuer Pemula, Nakhoda, Mualim, Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis, Kelasi, hingga Markonis. Namun, sejumlah formasi ini mewajibkan pelamar memiliki sertifikat khusus.

Namun terdapat sejumlah persyaratan bagi CPNS 2021 lulusan SMA agar dapat bergabung. Sejauh ini, diketahui terdapat sejumlah syarat-syarat umum dan syarat-syarat khusus yang berbeda-beda tergantung pada instansi yang membuka lowongan.

Seperti untuk Basarnas, lulusan SMA dapat melamar di sejumlah formasi selama mereka memiliki sertifikasi yang dibutuhkan untuk formasi tersebut. Sedangkan untuk Kemenhub, kelengkapan lamaran yang perlu disiapkan di antaranya ijaza, KTP, dan lainnya sesuai persyaratan.

Selain itu, secara umum calon pendaftar lowongan CPNS 2021 lulusan SMA terlebih dahulu perlu memenuhi persyaratan umum sebagai berikut:
1. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI;
3. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Kepolisian Negara RI;
5. Tidak menjadi anggota/pengurus Parpol atau terlibat politik praktis;
6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Demikian lowongan CPNS 2021 lulusan SMA yang perlu pendaftar ketahui. Bagi yang ingin melamar, diminta untuk persiapkan terlebih dahulu persyaratan yang diperlukan, baik itu persyaratan umum maupun persyaratan khusus untuk formasi jabatan yang dituju.

(ara/ara)