Cetak Kartu Deklarasi Sehat di https//sscasn.bkn.go.id login 2021

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 20 Agu 2021 13:38 WIB
Sejumlah CPNS mengikuti seleksi kompetensi bidang di Gedung JEC, Yogyakarta, Senin (7/9/2020). Tes tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.
Cetak Kartu Deklarasi Sehat di https//sscasn.bkn.go.id login 2021
Jakarta -

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 mewajibkan peserta untuk membawa kartu ujian CPNS 2021 dan menunjukkan Kartu Deklarasi Sehat. Kedua kartu ini dapat dicetak melalui https//sscasn.bkn.go.id login 2021.

Nantinya semua dokumen yang diperlukan harus ditunjukkan kepada Panitia Seleksi Instansi. Peserta yang tidak membawa dokumen sebagaimana dimaksud pada ketentuan tersebut tidak diperkenankan mengikuti seleksi atau dianggap gugur.

Untuk mencetak kartu ujian, hal ini baru bisa dilakukan setelah seluruh tahap jawaban sanggah selesai bagi peserta yang melakukan sanggah. Rencananya, pengumuman masa sanggah CPNS 2021 akan dilaksanakan hari ini.

Kalau sudah dinyatakan lolos, peserta tinggal mengunduh dan mencetak kartu ujian yang akan digunakan ketika SKD atau seleksi kompetensi PPPK. Lalu bagaimana cara mengunduh dan mencetak kartu ujian SKD CPNS atau seleksi kompetensi PPPK?

Jika seluruh tahapan seleksi administrasi sudah rampung, peserta dapat langsung mengunjungi laman https//sscasn.bkn.go.id login 2021. Maka pada halaman Resume Pendaftaran di situs SSCASN tersebut akan muncul pilihan Cetak Kartu. Klik pilihan tersebut untuk memunculkan Kartu Ujian Peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Setelah itu, pelamar tinggal mencetak kartu tersebut. Kartu ini wajib dibawa peserta saat pelaksanaan ujian. Jangan lupa baca bagian "Perhatikan" pada kartu yang berisi informasi penting untuk peserta.

Sedangkan untuk Kartu Deklarasi Sehat, Itu merupakan persyaratan baru karena dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Kartu Deklarasi Sehat adalah pernyataan kondisi kesehatan peserta SKD CPNS 2021 yang disampaikan dengan kondisi sebenarnya.

Sebelum mengikuti seleksi, peserta wajib mengisinya yang terdapat dalam portal https://sscasn.bkn.go.id untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terkonfirmasi atau memiliki gejala COVID-19 atau tidak.

Kewajiban pelamar mengisi formulir deklarasi sehat merupakan keputusan Panitia Seleksi Nasional setelah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Berikut cara mengisi kartu deklarasi sehat untuk SKD CPNS 2021 melalui :

- Buka laman https://sscasn.bkn.go.id
- Pilih menu "Login" yang terdapat pada pojok kanan atas halaman
- Kemudian masuk dengan mencantumkan NIK, KTP, dan password yang telah didaftarkan
- Klik "Masuk" pada halaman Resume Pendaftaran dan pilih "Cetak Kartu Peserta Ujian"
- Isi formulir dan klik simpan
- Cetak Kartu Deklarasi Sehat

Demikian cara mencetak Kartu Ujian SKD CPNS 2021 dan Kartu Deklarasi Sehat di https//sscasn.bkn.go.id login 2021. Bagi kamu peserta CPNS 2021, dihimbau untuk sudah mencetak kedua kartu tersebut sebelum mengikuti ujian.

(fdl/fdl)