Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021, Paling Lambat Diisi H-1 Tes SKD

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 12:23 WIB
Seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak hari ini. Peserta penuhi Kantor BKN untuk mengikuti tes tersebut.
Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2021, Paling Lambat Diisi H-1 Tes SKD
Jakarta -

Kartu Ujian CPNS 2021 dan Kartu Deklarasi Sehat menjadi salah satu persyaratan wajib dan mesti dipenuhi peserta tes SKD CPNS 2021. Tes SKD CPNS sendiri sudah dimulai per hari ini di beberapa instansi hingga bulan Oktober mendatang.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama mengatakan peserta harus menyiapkan Kartu Ujian CPNS 2021 dan mengisi formulir Deklarasi Sehat di portal SSCASN dalam kurun waktu 14 hari atau paling lambat pada H-1 sebelum ujian.

"Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi," kata Satya dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Selasa (24/8/2021).

Kedua kartu ini dapat dicetak melalui laman sistem seleksi ASN setiap instansi yang ingin didaftarkan. Untuk BKN misalnya, bisa melalui https//sscasn.bkn.go.id login 2021.

Nantinya semua dokumen SKD CPNS 2021 yang diperlukan harus ditunjukkan kepada Panitia Seleksi Instansi. Peserta yang tidak membawa dokumen sebagaimana dimaksud pada ketentuan tersebut tidak diperkenankan mengikuti seleksi atau dianggap gugur.

Pada laman seleksi CPNS peserta hanya perlu menuju bagian Resume Pendaftaran di situs SSCASN kemudian akan muncul pilihan Cetak Kartu. Klik pilihan tersebut untuk memunculkan Kartu Ujian Peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Sedangkan untuk Kartu Deklarasi Sehat, Itu merupakan persyaratan baru karena dilakukan di tengah pandemi COVID-19. Kartu Deklarasi Sehat adalah pernyataan kondisi kesehatan peserta SKD CPNS 2021 yang disampaikan dengan kondisi sebenarnya.

Berikut cara mengisi kartu deklarasi sehat untuk SKD CPNS 2021:
- Buka laman SSCASN
- Pilih menu "Login" yang terdapat pada pojok kanan atas halaman
- Kemudian masuk dengan mencantumkan NIK, KTP, dan password yang telah didaftarkan
- Klik "Masuk" pada halaman Resume Pendaftaran dan pilih "Cetak Kartu Peserta Ujian"
- Isi formulir dan klik simpan
- Cetak Kartu Deklarasi Sehat

(hal/fdl)