Masih Bingung Ujian CPNS 2021 Kapan? Simak Deretan Fakta Ini

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 06 Sep 2021 12:26 WIB
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021 sudah dimulai beberapa hari lalu. Pelamar CPNS 2021 sudah lega karena mengetahui ujian CPNS 2021 kapan.

Pelaksanaan SKD CPNS 2021 direncanakan berlangsung di 450 titik lokasi. Lokasi tersebut di antaranya di 35 kantor BKN, 13 mandiri BKN, dan 402 mandiri instansi (123 instansi pemerintah pusat dan 279 instansi pemerintah daerah).

Kemudian untuk SKD CPNS 2021 di titik lokasi mandiri dimulai pada 14 September 2021. Perlu diketahui bahwa waktu ujian CPNS 2021 kapan dimulai setiap instansi berbeda-beda.

BKN mencatat terdapat 3.339.722 pelamar lolos seleksi administrasi dan melanjutkan ke SKD CPNS. Berikut beberapa fakta yang terjadi pada hari pertama SKD CPNS 2021:

1. Pemeriksaan Berlapis

Di hari pertama SKD CPNS 2021, penerapan protokol kesehatan berlangsung ketat. Mulai dari pemeriksaan suhu, menggunakan masker dobel, dan membawa bukti bebas COVID-19 termasuk surat vaksinasi. Peserta SKD CPNS 2021 diharuskan membawa berkas-berkas persyaratan yang diwajibkan dan dilarang membawa barang lain ke dalam ruangan ujian.

2. Belum Vaksin Diputar Balik

Ada kejadian menarik di hari pertama SKD CPNS 2021. Petugas di lokasi sempat menuturkan bahwa masih ada peserta yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Alhasil, yang bersangkutan diputar balik dan mencari lokasi vaksinasi terdekat untuk dapat mengikuti tes SKD CPNS.

"Ada dua orang tadi jadi disuruh ke puskesmas terdekat aja. Tahunya dapat terus balik lagi ke sini bisa ikut tes lagi," kata salah satu petugas di lokasi.

3. Dapat Dispensasi Bebas Syarat Vaksin

Pemerintah mengakui, penyebaran vaksinasi belum merata di seluruh Indonesia. Hal itulah yang menjadi dasar, BKN memberikan dispensasi bagi daerah yang tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut dengan catatan berdasarkan kondisi dan rekomendasi Satgas COVID-19.

"Wonogiri sudah mengirimkan (surat keterangan) bahwa mereka untuk masyarakat lain pun masih sangat terbatas untuk vaksin pertama, tidak akan mencukupi vaksin sebatas itu untuk calon PNS. Jadi mereka berkirim surat dan tembusannya Satgas COVID-19 Wonogiri," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana di lokasi yang sama.

4. Hasil Tes Dilihat Online

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengatakan, pelaksanaan SKD CPNS 2021 berlangsung hingga Desember 2021. Nilai SKD CPNS 2021 bisa dilihat langsung melalui YouTube BKN dan instansi terkait.

"Ini berlaku masih panjang kecuali PPPK itu akan dilaksanakan sendiri oleh Kemendikbud. Saya kira kami sudah berpesan kepada seluruh Kanwil di semua daerah dan UPT-UPT-nya untuk memberikan penjelasan yang detail, yang jelas juga kepada orang tua yang ikut datang karena hasilnya bisa langsung ketahuan secara luas bisa dilihat di YouTube," kata Thahjo di Jakarta.

Lihat Video: Ombudsman Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS, Sila Adukan Keberatan

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)