Tak Terdeteksi Face Recognition, Peserta SKD CPNS Sampai Harus Touch Up

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 14:46 WIB
Tak Terdeteksi Face Recognition, Peserta SKD CPNS Sampai Harus Touch Up
Foto: Dok. BKN
Jakarta -

SKD CPNS 2021 makin terasa berbeda. Kali ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) memanfaatkan teknologi face recognition.

Teknologi pendeteksi wajah itu digunakan dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Peserta yang ikut dalam tes SKD harus melalui verifikasi wajah terlebih dahulu sebelum masuk ruang ujian.

Informasi itu diumumkan oleh akun Twitter @BKNgoid. Dijelaskan bahan face recognition CPNS diterapkan untuk memastikan bahwa mereka yang ikut tes adalah benar-benar peserta, sehingga tidak bisa diwakilkan atau menggunakan joki.

"#SobatBKN, salah satu tujuan pengadaan fitur face recognition yakni utk mendeteksi peserta yg mengikuti SKD benar2 mrk yg terdaftar dlm portal SSCASN. Foto yg kalian input semestinya adlh foto yg sebenarnya, sehingga fitur tsb bisa mendeteksi bhwa kalian adlh benar peserta SKD," cuit akun tersebut dikutip Jumat (10/9/2021).

Oleh karena itu para peserta CPNS 2021 juga mengingatkan, agar foto yang diinput merupakan foto yang terbaru, sehingga bisa menghindari kemungkinan tidak terdeteksinya wajah peserta saat dilakukan face recognition.

Nah buat peserta yang mungkin menggunakan riasan saat foto untuk data CPNS, disarankan untuk kembali melakukan riasan wajah yang sama.

"Pengalaman#SobatBKNdari Tilok SKD Flores Timur ini bisa jadi tips kalian yang wajahnya tidak terdeteksi face recognition. Touch up ulang untuk pastikan wajah kalian sama kinclongnya dengan foto yang kalian input," kelakar akun @BKNgoid sambil mengunggah foto peserta CPNS yang sedang merias wajah.



Lihat juga video 'Ombudsman Buka Posko Pengaduan Seleksi CPNS, Sila Adukan Keberatan':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)