Gangguan Internet di 42 Tilok SKD CPNS, Tes Bakal Dijadwal Ulang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 20 Sep 2021 15:52 WIB
Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sebanyak 42 titik lokasi (tilok) SKD CPNS 2021 mengalami gangguan internet. Hal ini membuat SKD CPNS 2021 di 42 titik terhambat.

Menurut Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama apabila gangguan yang terjadi sangat besar dan membuat tes tak bisa dilakukan maka akan dilakukan penjadwalan ulang.

"Gangguan ada di beberapa titik lokasi (tilok). BKN akan menjadwal ulang Tilok yang terkendala gangguan yang besar," ungkap Satya kepada detikcom, Senin (20/9/2021).

Satya menjabarkan ada 42 tilok SKD CPNS 2021 yang mengalami masalah. Lokasinya tersebar di berbagai daerah yang mengalami masalah jaringan sesuai dengan pengumuman Telkom.

"Terpengaruh 42 tilok, beberapa sudah teratasi. Lokasi tersebar sebagaimana pengumuman Telkom/Indihome," ungkap Satya.

Seperti diketahui, layanan internet kelolaan Telkom, mulai dari IndiHome dan Telkomsel mengalami permasalahan jaringan.

Hal ini disebabkan karena ada gangguan pada sistem komunikasi kabel laut di kawasan JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan), tepatnya di ruas Batam-Pontianak mulai sekitar pukul 17.33 WIB kemarin.

"Mohon maaf atas kejadian ini. Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," ungkap Ahmad Reza, SVP Corporate Communication & Investor Relation dalam keterangannya, Minggu (19/9/2021).

(hal/ara)