Gampang! Begini Cara Cek Hasil Tes CPNS 2021 dan Download Sertifikatnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 05 Okt 2021 15:09 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Gampang! Begini Cara Cek Hasil Tes CPNS 2021 dan Download Sertifikatnya
Jakarta -

Seluruh peserta seleksi CPNS 2021 yang telah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat melihat hasil tesnya masing-masing. Cara cek hasil tes CPNS 2021 ini pun mudah untuk dilakukan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan sertifikat hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT BKN bagi peserta seleksi. Sertifikat hasil SKD CPNS ini akan menampilkan hasil tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensia umum (TIU), dan tes karakter pribadi (TKP).

Pelaksanaan tes SKD CPNS 2021 menggunakan Computer Assisted Test atau CAT BKN dinilai lebih cepat, akuntabel, dan transparan. Melansir laman cat.bkn.go.id, peserta ujian dapat mengetahui nilai hasil ujian secara langsung tanpa menunggu lama.

Nilai akan langsung keluar setelah selesai mengikuti ujian. Selain itu peserta ujian SKD CPNS 2021 dengan CAT BKN juga akan mendapatkan sertifikat yang berisikan data keikutsertaan peserta dalam seleksi lengkap dengan skor SKD.

Sertifikat dapat diunduh melalui laman sertificat.bkn.go.id. Tak hanya SKD, laman tersebut juga menyediakan sertifikat untuk Sekolah Kedinasan dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sementara itu, skor ujian juga dapat disaksikan langsung secara online. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, BKN menayangkan hasil nilai atau live score SKD CPNS 2021 melalui live streaming YouTube. Peserta dapat mengecek hasil ujian melalui YouTube dari masing-masing kantor regionel (Kanreg) atau Unit Pelayanan Teknis (UPT) BKN.

Berikut cara cek hasil tes CPNS 2021:

1. Kunjungi laman https://sertificat.bkn.go.id/
2. Masukkan Nomor Peserta
3. Masukkan NIK
4. Kemudian, pilih tipe seleksi. Terdapat tiga tipe seleksi yang tersedia, Sekolah Kedinasan, CPNS, dan PPPK.
5. Klik tombol 'Unduh'

Cara Cek Validitas Sertifikat SKD

Untuk memastikan keaslian sertifikat yang diunduh, peserta dapat menggunakan aplikasi "Validator SertifiCAT". Aplikasi tersebut dapat unduh pada Google Play Store. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Google Play Store
2. Ketik Validator SertifiCAT pada menu pencarian
3. Lalu, install aplikasi tersebut
4. Kemudian buka aplikasi untuk melakukan scan QR Code pada sertifikat yang telah diunduh.
5. Setelah itu akan muncul data hasil ujian SKD CPNS 2021 lengkap dengan total skor yang diperoleh.

Demikian cara cek hasil tes CPNS 2021. Bagi kamu yang sudah mengikuti seleksi SKD, segera cek hasil tes CPNS 2021 milikmu. Semoga berhasil ya!

Lihat juga video 'Anak Nia Daniaty Disebut Janjikan Lolos CPNS TNI-Polri ke Korban':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)