Kena Deh! 225 Peserta CPNS Ketahuan Curang, Terbanyak di Makassar

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 02 Nov 2021 16:53 WIB
Ratusan CPNS mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Sport Center Arcamanik, Kota Bandung, Senin (14/9). Tes dilakukan dengan protokol kesehatan.
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut ada 225 peserta seleksi CPNS 2021 dan PPPK Nonguru yang ketahuan melakukan kecurangan. Sebagian besar terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 202 peserta dan 23 peserta di Lampung.

"Titik lokasi (tes CPNS) sebagian besar di kantor regional Makassar. Total yang sudah kami sampaikan kepada instansi di wilayah ini yang mereka sangat kuat melakukan kecurangan di Makassar ada 202 orang dan 23 orang di Lampung," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/11/2021).

Suharmen menyebut wilayah Makassar memang sudah jadi langganan banyak kecurangan setiap ada pelaksanaan seleksi CPNS.

"Di 2019 yang lalu, itu wilayah Makassar memang agak rawan begitu kita lakukan fully online. Waktu tidak online pola jokinya juga secara fisik waktu itu dan itu ditangkap teman-teman di kepolisian," imbuhnya.

Suharmen menjelaskan pendeteksian kecurangan ini telah dilakukan investigasi. Baik melalui keterangan langsung di lapangan maupun berdasarkan laporan dari masyarakat. Pihaknya juga menggunakan identifikasi dengan artificial intelligence (AI).

"Dari hasil audit yang kami lakukan dengan AI ini pertama di beberapa titik lokasi yang sangat dicurigai terjadi proses kecurangan dari tenaga admin, petugas lapangan maupun laporan dari masyarakat ke kami melalui sosial media atau WhatsApp," kata dia.

Hasil laporan ini, kata Suharmen, telah dilaporkan kepada Kepala BKN dan Menteri PAN-RB. Adanya temuan kecurangan tersebut membuat pihaknya melakukan audit kepada seluruh peserta yang menjalani tes seleksi CPNS dan PPPK.

Audit dilakukan secara forensik dengan AI yang dikembangkan pihak penyelenggara. Belum diketahui apakah ada temuan kecurangan baru atau tidak, sebab proses audit forensik masih berlangsung dan baru mencapai 25% dari 2 juta peserta seleksi.

"Apakah nanti ada titik kecurangan lagi, kami belum tahu, belum bisa mengatakan itu karena prosesnya masih berlangsung," kata dia.

Apa yang akan dilakukan BKN terhadap peserta curang? Baca di halaman berikutnya



Simak Video "252 CPNS Didiskualifikasi karena 'Main Mata' dengan BKN"
[Gambas:Video 20detik]