ADVERTISEMENT

Selamat! 170 CASN Diterima di Kementerian ESDM, Ini Cara Ceknya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 28 Des 2021 11:11 WIB
Gedung Kementerian ESDM
Foto: ESDM
Jakarta -

Dari total 9.563 pelamar, telah terpilih 170 peserta yang dinyatakan lulus dalam tahap akhir seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021.

Sebanyak 170 peserta ini merupakan mereka yang telah berhasil melewati seleksi Administrasi, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB), Asesmen Literasi Digital (ESDM diZi), Tes Praktek dan Wawancara yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Kementerian ESDM. Adapun pengumuman hasil akhir CASN KESDM 2021 sudah disampaikan melalui https://casn.esdm.go.id.

Dengan demikian, Kepala Biro Sumber Daya Manusia M. Rizwi Jilanissaf Hisjam mengucapkan selamat bagi seluruh peserta yang lulus. Rizwi juga berharap pada CASN 2021 ini dapat memberikan warna baru pada KESDM sehingga dapat terus melayani masyarakat.

"Selamat Datang CASN KESDM 2021, perjuangan bukan berhenti disini, ini merupakan awal dunia kalian dalam pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia, jadilah ASN yang melayani dan berintegritas tinggi," ujar Rizwi.

Meski demikian Rizwi menjelaskan bahwa hingga saat ini masih terdapat jabatan pada kebutuhan khusus yang belum terpenuhi. Jabatan ini masih dapat diisi dari pelamar pada kebutuhan umum dan kebutuhan khusus lainnya yang memiliki jabatan, kualifikasi pendidikan, dan unit penempatan/lokasi kebutuhan sama.

Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus, jangan khawatir sebab Kementerian ESDM masih memberikan kesempatan terakhir untuk bergabung sebagai abdi negara. Panitia CASN membuka kesempatan bagi peserta untuk melakukan sanggahan terhadap hasil integrasi nilai SKD-SKB.

Alasan sanggahan dapat disampaikan peserta mulai satu hari setelah pengumuman sampai dengan hari ke-3. Namun perlu diingat kalau alasan yang disampaikan dalam sanggahan tidak diterima jika murni kesalahan dari peserta.

Usai memberikan sanggahan, nantinya panitia seleksi akan mengumumkan hasil sanggahan apakah menerima atau menolak alasan sanggah yang diajukan peserta pada tanggal 4-6 Januari 2022 mendatang. Adapun sanggahan peserta dapat disampaikan melalui akun SSCASN masing-masing peserta pada laman https://sscasn.bkn.go.id.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT