Pendaftaran PPPK 2022 Sudah Pasti Dibuka, CPNS Apa Kabar?

ADVERTISEMENT

Pendaftaran PPPK 2022 Sudah Pasti Dibuka, CPNS Apa Kabar?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 14 Jan 2022 09:47 WIB
BKN Pusat Umumkan Jadwal SKB CPNS 2021, Ini Informasinya
Ilustrasi/Foto: Muhammad Iqbal/detikcom
Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk 2022 akan dibuka lagi. Sedangkan untuk pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN/CPNS) belum bisa dipastikan.

Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mohammad Averrouce mengatakan pihaknya belum bisa memastikan pendaftaran CPNS 2022 karena akan dilakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap kebutuhannya.

"Kita tunggu dulu di 2021 apakah memerlukan PNS juga yang jadi formasinya, kita perlu evaluasi dulu. Jadi nanti kalau proses pengadaan di 2021 sudah selesai, baru kita akan mencermati lagi. Kalau PPPK sudah dipastikan 2022 dibuka," katanya kepada detikcom, Jumat (14/1/2022).

Kalaupun ada, proses pendaftaran CPNS 2022 akan diinformasikan setelah seluruh pengadaan CPNS 2021 selesai dilaksanakan. Saat ini proses seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru sedang memasuki tahap 3.

"Tahun kemarin diumumkan Juni, mudah-mudahan nggak jauh dari situ, nggak sampai akhir tahun (2022)," imbuhnya.

Averrouce menyebut untuk 2022 pemerintah memang akan lebih fokus kepada seleksi PPPK karena adanya penyederhanaan birokrasi. Namun kuotanya belum bisa dipastikan.

"Kuota PPPK justru itu kita mesti lihat dulu di 2021 karena ini belum selesai. Nanti kita lihat lagi, kita hitung lagi kebutuhannya dan kami sudah terima masukan dari kementerian/lembaga pemda dan kita lihat lagi nih totalnya berapa sih," tuturnya.

(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT