Pemerintah Mau Buka Lowongan Pegawai di 3 Calon Provinsi Baru Papua

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 09 Mei 2022 13:54 WIB
Komisi II DPR melakukan rapat kerja bersama Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) membahas seleksi CPNS 2019-2020.
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mempersiapkan penerimaan pegawai asli Papua untuk tiga calon provinsi baru.

"Saya kira tugas jangka pendek yang harus diselesaikan oleh Kementerian PANRB adalah segera dengan BKN mempersiapkan penerimaan pegawai baru khusus untuk orang asli papua yang nanti akan ditempatkan di rencana tiga provinsi pemekaran Papua," kata Tjahjo dalam konferensi pers virtual disiarkan di saluran YouTube Kementerian PANRB, Senin (9/5/2022).

Selanjutnya, orang asli Papua juga akan terus ditempatkan di seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Persiapan penerimaan pegawai baru untuk daerah pemekaran harus dilakukan tahun ini.

"Kemudian menempatkan orang asli Papua di seluruh kementerian lembaga dan pemerintah daerah," tuturnya.

Tjahjo juga bicara soal Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri yang akan dipindahkan ke ibu kota negara (IKN) Nusantara pada 2024.

"Data kluster pertama 6.000 pegawai termasuk TNI/Polri yang dipersiapkan awal 2024 untuk pindah ke ibu kota negara baru juga harus sudah detail di tiap-tiap kementerian lembaga termasuk TNI/Polri," ujarnya.

Sebagai informasi, DPR RI telah menyetujui tiga Rancangan Undang-undang (RUU) Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua menjadi RUU inisiatif DPR dalam rapat paripurna, Selasa (12/4) lalu.

RUU DOB tersebut, yaitu RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

(ara/fdl)