Rekrutmen CPNS 2023 Jadi Dibuka, Prosesnya Sudah Sampai Mana?

ADVERTISEMENT

Rekrutmen CPNS 2023 Jadi Dibuka, Prosesnya Sudah Sampai Mana?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Minggu, 15 Jan 2023 20:02 WIB
CPNS Kemenkumham 2021 sudah mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, pemerintah mengatakan akan membuka rekrutmen atau lowongan CPNS pada tahun 2023. Namun, hingga kini belum ada kabar lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Kepala Biro Data, Komunikas, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mohammad Averrouce mengatakan hingga kini progres mengenai CPNS 2023 masih dalam tahap pembahasan antarkementerian atau lembaga terkait.

"Masih proses pembahasan bersama K/L/D," kata Averrouce kepada detikcom melalui pesan singkat, Minggu (15/1/2023).

Sebelumnya diberitakan, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah akan membuka rekrutmen CPNS 2023. Dirinya juga mengungkapkan beberapa formasi lowongan CPNS 2023 yang akan dibuka nanti.

"Calon PNS tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, agen, dan tenaga teknis tertentu lainnya," beber Anas kepada detikcom, Rabu (21/12/2022) lalu.

Anas menjelaskan, lowongan CPNS ini akan dibuka seiring dengan indikator jumlah PNS yang akan pensiun. Sementara pemerintah juga harus memenuhi SDM untuk mendukung program strategis nasional dengan mempertimbangkan letak geografis dan kemampuan anggaran.

"Selain itu disiapkan/dikaji terkait pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua barat serta DOB Papua," katanya.

Selain rekrutmen CPNS 2023, pemerintah juga akan kembali membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). "Untuk tahun 2023, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK," kata Anas

Untuk saat ini, proses rekrutmen atau lowongan CPNS dan PPPK 2023 masih dalam tahap proyeksi kebutuhan. Selain itu, juga mempertimbangkan usulan yang disampaikan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemda.

"Pada saatnya akan ditetapkan formasi (CPNS 2023) dengan pertimbangan Menteri Keuangan," tuturnya.

Simak juga Video: Modus Tipu-tipu Anggota DPRD Bantul Tawarkan Lolos CPNS

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT