Seleksi CASN 2023 Pasti Dibuka, Cek Ini Bocorannya

ADVERTISEMENT

Seleksi CASN 2023 Pasti Dibuka, Cek Ini Bocorannya

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 15:22 WIB
SKB CPNS
Foto: SKB CPNS (Luthfy Syahban/detik.com)
Jakarta -

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengungkap bahwa seleksi penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 akan dibuka pertengahan tahun ini.

Informasi ini disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDN) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni. Seleksi dilakukan untuk mencari calon pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Tengah tahun. Kita pengen lebih cepat dari tahun lalu. Tahun lalu kan telat nih (PPPK) 2022 kegeser ke 2023 eksekusinya sebagian," kata Alex Denni saat ditemui di The Westin Jakarta, Rabu (25/01/2023).

Kendati demikian, Alex belum dapat memastikan berapa formasi yang ditetapkan untuk tahun ini. Menyangkut formasi hingga timeline seleksi tersebut, akan dibahas tuntas dalam rapat yang dilaksanakan esok hari.

"Oh baru besok kita mau meeting (formasi dan timeline)," katanya.

Alex menekankan, untuk seleksi kali ini pihaknya akan berfokus pada pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan kesehatan. Setelah ini barulah akan berlanjut ke tenaga digital selaras dengan tengah didorongnya transformasi digital.

Ia juga menjelaskan, formasi ini guru dan tenaga kesehatan ini terlebih dulu akan ditetapkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tak lupa, pihaknya juga tengah menghimpun usulan kebutuhan formasi dari instansi pemerintahan daerah.

"Kita prinsipnya memenuhi kebutuhan guru terlebih dahulu, tenaga kesehatan, lalu tenaga yang berkaitan dengan digital karena kita mau transformasi digital. Itu prioritas," kata Alex.

Lihat juga video 'KuTips: Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum':

[Gambas:Video 20detik]



Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT