Sederet Fakta Lowongan CPNS Dibuka Juni 2023, Yuk Simak!

ADVERTISEMENT

Sederet Fakta Lowongan CPNS Dibuka Juni 2023, Yuk Simak!

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Minggu, 29 Jan 2023 07:00 WIB
Website BKD Lombok Tengah Buat Cek Hasil SKD CPNS, Ini Caranya
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Pemerintah menargetkan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) dibuka pada bulan Juni 2023. Seleksi ini akan digelar bersamaan dengan rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berikut sederet fakta tentang lowongan CPNS 2023

Kisi-kisi Tes CPNS 2023

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan, tes CPNS dibagi ke dalam 2 tahapan, yakni seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kemudian ia mengatakan, SKD terdiri atas 3 bagian.

"Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang soalnya ada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)," ujarnya, kepada detikcom, Sabtu (28/01/2023).

Lebih lanjut Satya menjelaskan, soal SKD dibuat oleh tim dari BKN, KemenPANRB, Kemendikbud, 22 PTN yang tergabung dalam konsorsium, Kementerian Ristek Dikti, dan BPPT. Kemudian soal akan dievaluasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BPPT, serta dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi.

Sementara untuk SKB, tes ini akan menilai kompetensi bidang yang dimiliki pelamar, disesuaikan dengan kompetensi bidang yang dibutuhkan oleh formasi jabatan yang dipilih pelamar.

Kedua tahapan tes ini juga menjadi salah satu dasar penilaian di seleksi tahun sebelumnya. Tes akan digelar dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN.

Sementara itu, dalam kesempatan yang berbeda, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Alex Denni menyampaikan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus lintas kementerian untuk membuat soal tes seleksi.

"Tim sudah siapin soal. Kemarin sudah Kemendikbud, Kemenkes, dengan BPK, dengan BRIN, BSSN, selaku Panselnas (Panitia Seleksi Nasional), dengan BKN tentunya," ujar Alex, saat ditemui di Hotel Grand Sahid Raya, Jakarta Pusat, Jumat (27/1/2023).

Dibuka lebih cepat dari tahun sebelumnya

Alex menyampaikan, seleksi tahun ini akan dimulai lebih cepat dibandingkan tahun sebelumnya. Ditargetkan seleksi akan dibuka di kuartal III 2023 atau tepatnya bulan Juni.

Ditargetkan pada April ini, penetapan formasi akan mulai diumumkan, sehingga Juni pengumuman pembukaan seleksi CPNS dan PPPK dapat dimulai. Waktu penetapan formasi dilakukan jauh lebih awal dibanding PPPK 2022 lalu yang baru dilakukan di bulan Oktober.

"Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi," kata Alex.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT