Festival Ide Bisnis

Tiga Langkah Sukses Bangun Bisnis

detikTV, detikTV - detikFinance
Sabtu, 15 Mei 2021 11:51 WIB
Jakarta -

Pebisnis pemula kerap melupakan tiga langkah dalam membangun bisnis impiannya. Nah tiga langkah ini jika dilakukan benar akan membuat anda sukses dalam berbisnis.

Hal itu diungkapkan Founder GRATYO Practical Business Coaching Yohanes G. Pauly dalam Festival Ide Bisnis 2021. Dia membocorkan tiga langkah sukses bangun bisnis impiannya

Yohanes mengatakan mulai bisnis dengan mimpi yang besar, setelah itu ambil langkah kecil membangun bisnis impian anda. Jika dilakukan dengan benar, ambil langkah terakhir yakni ambil langkah cepat bangun sistem tepat dalam bisnis anda.

Menurutnya apabila sistem ini dilakukan dengan benar dan diterapkan baik pegawainya maka seorang pebisnis tak lagi harus mengontrol bisnisnya selama 24 jam, sehingga punya waktu luang untuk bersantai.

"Kita harus bikin sistem yang praktis. Sehingga ada atau tidak ada kita di dalamnya, produk atau jasa yang diberikan ke pelanggan itu persis seperti yang kita mau. Contoh klasiknya McDonald's. Itu nggak owner-nya, shareholders-nya, tapi setiap outletnya itu sistemnya jalan. Bagaimana bikin burger, fried chicken," kata Yohanes dalam sesi Inspiring Talks Festival Ide Bisnis 2021 hari ke-5, Jumat (30/4/2021).

Membangun sistem memang memakan waktu. Namun, menurut Yohanes, sistem itu bisa digunakan seterusnya, tanpa si pebisnis itu yang harus melakukan pekerjaan yang sama setiap hari.

"Kebanyakan dari kita bangun bisnis, itu tanda kutip malas bangun sistem, atau tidak tahu cara bangun sistem. Jadi kebanyakan manual. Apa-apa kasih tahu karyawan pakai verbal. Ini begini, begitu. Nah yang bagus adalah kita download apa yang ada di otak menjadi sebuah sistem," ungkapnya.

(edo/hnf)