d'Mentor

Cara Mencari 'Orang Kepercayaan' Yang Tepat

detikTV, detikTV - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 09:36 WIB
Jakarta -

Karakteristik seorang calon karyawan menjadi suatu nilai penting untuk diperhatikan oleh pemilik usaha atau rekruter saat melakukan wawancara rekrutmen.
CEO Calibreworks dan Mindset Merdeka Sunil Tolani menilai untuk menilai karakteristik seseorang dapat dilihat melalui gaya bicara, cara merespon atau menjawab pertanyaan, hingga tingkah lakunya.

"Pertama itu jangan pernah kejebak sama CV-nya dulu, CV itu biasanya the first impression. Jadi pada saat kita ngomong itu kita harus tahu orang itu punya ga sih karakter untuk cepat beradaptasi," ujar pengusaha yang akrab disapa Bro Neal tersebut dalam d'Mentor: "The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis" Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, kemampuan cepat beradaptasi merupakan salah satu karakter penting yang harus dilihat bagi pengusaha atau calon pengusaha yang sedang mencari karyawan atau orang kepercayaan. Selain adaptasi, antusiasme terhadap pekerjaan, sikap yang positif, berorientasi pada hasil, dan kemampuan berkomitmen menjadi karakteristik penting yang mesti dimiliki calon karyawan.

"Ada dua lagi tambahan, yang satu adalah problem solving skills (kemampuan memecahkan masalah) dan yang terakhir adalah critical thinking skills (kemampuan berpikir kritis). Problem solving itu adalah orang yang begitu kita kasih tantangan dia itu fokus mencari solusi bukan fokus blaming others (menyalahkan orang lain). Critical thinking itu adalah begitu dia menceritakan sesuatu, dia itu bukan menjawab dengan emosinya tapi dia mencari data dan fakta untuk memvalidasi," jelas Bro Neal.



Simak Video "'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(hnf/hnf)