d'Mentor

Selain CV, Medsos Juga Penting Untuk Screening Calon Karyawan

detikTV, detikTV - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 10:19 WIB
Jakarta -

Memiliki karyawan yang dapat dipercaya menjadi faktor penting agar suatu usaha dapat berkembang. Dan cara untuk menjaring suatu karyawan yang dapat dipercaya adalah melalui wawancara kerja dalam proses rekrutmen.

CEO Calibreworks dan Mindset Merdeka Sunil Tolani memberikan tujuh langkah dalam melakukan wawancara kerja. Yang pertama adalah memeriksa Curriculum Vitae (CV) sekaligus media sosial yang dimiliki calon karyawan.

"Social Media itu the real you atau the fake you sekalian. Jadi you have to be carefull guys kalo mau cari kerjaan. Sadari pake media sosial jangan sembarangan. Jangan masukin konten-konten yang mengandung SARA atau mengomentari hal-hal yang tidak memiliki nilai human being yang memiliki respek, bahasa yang diucapkan juga harus hati-hati," ujar pria yang akrab disapa Bro Neal tersebut.

Selanjutnya, dalam suatu wawancara Bro Neal akan mendiskusikan nilai-nilai dan pengalaman hidup yang dimiliki calon karyawan. Saat wawancara, menurut Sunil, seorang pewawancara harus bisa fokus melihat sikap yang ditampilkan seorang calon karyawan.

Tak kalah penting, Sunil juga selalu membicarakan mimpi yang dimiliki seorang calon karyawan.

"Jangan pernah lupa untuk ngomongin tentang dream (mimpi). Orang kerja tuh ada dua, karena dia kepepet pengen kerja atau dia memang pengen membangun dream-nya dia. Yang keren itu saat datang ke perusahaan dia bilang datang untuk membantu perusahaan. Itu attitude yang paling gokil," ujarnya.

Tahapan selanjutnya adalah meminta calon karyawan untuk melakukan self assessment test untuk mengetahui kekuatan dan kepribadian si calon karyawan. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan meminta si calon karyawan untuk menetapkan ekspektasinya seperti apa.

Setelah itu semua dilakukan, Sunil akan memberi tantangan selama 30 hari untuk masa percobaan.

"Saya lakukan dalam 30 hari challenge. Jadi saya kalau hire orang itu tidak pernah langsung 3 bulan, saya kasih probation 1 bulan dulu. Jadi 30 hari itu challenge, kalau lu bisa diterima tim gue, lu lanjut nih 3 bulan, kalu lu ga bs lanjut dalam 30 hari, bye-bye. I don't waste your time, you don't waste my time. Dalam 30 hari karakter itu terbaca," jelas Bro Neal.



Simak Video "'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(hnf/hnf)