d'Mentor

Ingin Sukses Bisnis, Coba Keluar Dari Zona Nyaman

Eduardo Simorangkir, detikTV - detikFinance
Sabtu, 03 Jul 2021 08:29 WIB
Jakarta -


Pengusaha atau pebisnis bisa menjadi sukses karena keluar dari zona nyaman. Jatuh bangun hingga bangkrut adalah cambukan keras untuk membangun mental bisnis.

Ada banyak kisah sukses para pengusaha yang harus melewati jalan panjang dan berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan. Kunci sukses dalam bisnis diantaranya adalah keluar dari zona nyaman atau dengan memilih mentor bisnis.

"Cari orang yang bisa maksa, orang mau sukses harus keluar dari zona nyaman. Nah mentor harus bisa maksa anda keluar dari zona nyaman. Kalau saya sendiri, saya percaya kalau nyari mentor saya enggak mau nyari mentor yang terlalu baik kenapa? kalau mentor yang terlalu baik akhirnya jadi pacar atau jadi teman baik. Jadi teman curhat bukan mentor," ujar Mentor Bisnis Yudi Candra dalam acara d'Mentor detikcom, Sabtu (3/7/2021).

Yudi mengibaratkan seperti permainan sepak bola, pelatih memaksa anak didiknya dengan latihan keras dan displin. Mereka berhasil karena latihan dan arahan dari pelatihnya.

"Jadi kalau anda diikuti apa yang anda mau, 99,9 persen anda tidak akan berubah, dikarenakan perubahan itu suatu proses untuk melakukan hal yang biasa tidak kita lakukan, cari mentor yang bisa paksa anda," paparnya.

Yudi menerangkan kehadiran mentor bisnis bukan hanya memberikan cambukan semangat. Tetapi juga mengoreksi langkah bisnis yang sudah dilakukan.

"Karena seseorang itu bisa dipaksa terkadang dicambuk atau diberikan rewards jadi yang bisa memaksa anda keluar dari zona nyaman tergantung manusianya dan mentor harus paham, apa sih yang dibutuhkan oleh klien atau apa sih yang dibutuhkan anak-anaknya atau klien kalau buat saya," tandasnya.

(edo/hnf)