d'Mentor

Mengapa Perlu Mentor Bisnis?

detikTV, detikTV - detikFinance
Sabtu, 03 Jul 2021 11:24 WIB
Jakarta -

Coach bisnis Yudi Candra menjelaskan pentingnya peran mentor dalam menjalani sebuah usaha. Terkadang peran mentor dapat melihat berbagai potensial yang tersembunyi dalam diri pebisnis untuk terus memajukan usahanya.

"Karena mentor akan membawa ke suatu tempat dimana Anda sebelumnya tidak nyaman. Dan itu penting sekali, karena terkadang kita tidak bisa melihat apa sih diri kita sesungguhnya dari sudut pandang kita. Kita butuh melihat dari beberapa sudut pandang," ujar Yudi.

Yudi menyatakan ciri mentor yang tepat dalam berbisnis. Menurutnya, seorang mentor harus memiliki kepedulian dengan diri orang yang diberikan mentor. Seorang mentor akan mencari berbagai sudut pandang untuk membantu seseorang memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Menurutnya, seorang calon pebisnis dapat merasakan apakah seorang mentor itu peduli secara tulus atau tidak.

"Buat saya perubahan dimulai dari hati, dari benar-benar tersentuh baru berubah. Karena itu orang bisa berubah bisa karena tersentuh hatinya atau karena sakit hatinya. Jadi cari mentor yang benar-benar peduli dengan Anda," jelasnya.

Dalam mencari seorang mentor yang tepat, Yudi menambahkan seorang yang akan dimentori harus terbuka sehingga kedua pihak dapat menentukan tujuan bisnis yang realistis.

"Kita harus ngobrol bareng dengan mentor kita, kemudian buka-bukaan kejadiannya seperti apa, dan kemudian dilihat dan membuat goals yang realistis bersama. Karena apabila Anda tidak bisa menemukan sebuah goals yang realistis bersama, siapapun mentor Anda, bisa jadi Anda tidak akan mencapai goals tersebut," jelas Yudi.



Simak Video "Cepat Sukses Dengan Mentor Bisnis "
[Gambas:Video 20detik]
(hnf/hnf)