Video 20Detik

Jokowi: Dalam Sejarah, Belum Pernah Desa Diberi Anggaran Rp 468 T

detikTV, M. Haedar Fashal - detikFinance
Selasa, 29 Mar 2022 17:07 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah telah menyalurkan dana desa sebanyak Rp 468 triliun. Jokowi pun berpesan agar dana desa dikelola dengan hati-hati.

"Sampai tahun ini, dana yg disalurkan untuk desa itu Rp 468 triliun. Jangan dipikir ini uang kecil loh, ini uang besar sekali," ujar Jokowi dalam sambutannya di acara Apdesi seperti disiarkan di YouTube Setpres, Selasa (29/3/2022).

Jokowi menyebut banyaknya anggaran itu merupakan pertama kalinya dalam sejarah. Ia pun meminta agar dana tersebut digunakan sebaik mungkin.

"Dalam sejarah negara ini berdiri, desa diberikan anggaran sampai Rp 468 triliun itu belum pernah. Oleh sebab itu hati-hati dalam mengelola," lanjutnya.

Jokowi bahkan berencana menambah anggaran dana tersebut. Namun, akibat pandemi Covid-19 membuat sejumlah anggaran akhirnya dipotong.

"Sebetulnya kemarin kalau tidak ada Covid di 2020, saya akan berpikir akan menambah anggaran desa itu lebih gede lagi, tapi Tuhan belum mengizinkan karena adanya Covid. Dana seluruh kementerian juga kita potong, dana utk desa juga kita potong, sedikit loh ya. Insha Allah tahun depan akan dinaikan lagi," tutupnya.

(rmi/rmi)