Follow detikFinance
Senin 06 Feb 2017, 22:27 WIB

Saat Habibie Bernostalgia di Hadapan Alumni LPDP

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Saat Habibie Bernostalgia di Hadapan Alumni LPDP Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Presiden Indonesia ke-3 B.J. Habibie malam ini ikut meramaikan gelaran Welcoming Alumni LPDP 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan ini, Habibie berbagai kisahnya dalam melanjutkan studi S2 dan S3 nya di Jerman.

Mengawali kisahnya, Habibie bercerita bagaimana kisah remajanya harus ditinggal oleh sang ayah yang meninggal dunia saat menjadi imam salat. Setelah itu, kemudian sang ibu berjanji untuk menjadikan seluruh anaknya menjadi manusia yang berguna bagi bangsa, agama, dan negara.

Di tahun 1954, saat usianya menginjak 18 tahun, Habibie melanjutkan studinya ke Universitas Indonesia Bandung atau kini Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Mesin. Tak sampai di situ, pada tahun 1955, Habibie melanjutkan studi Teknik Penerbangan di RWTH Aachen, Jerman dan menerima gelar Diplomat Ingenieur pada 1960 dan gelar Doktor Ingenieur pada 1965.

"Saya usia 18 tahun, semua paspor biru saya hijau. Saya S1, S2 biaya sendiri S3 mandiri. Saya kerja sebagai asisten dan saya bisa lulus dalam usia 28 tahun," kenang Habibie di hadapan ribuan alumni LPDP di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2017).

Dengan berbagi kisahnya, Habibie berharap banyak anak muda di Republik ini tergerak untuk terus belajar dan berkontribusi bagi Indonesia.

Habibie juga bercerita tentang cita-citanya membangun industri dirgantara di Indonesia. Sehingga mobilitas masyarakat Indonesia bisa pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah dan cepat.

"Yang saya kehendaki dan cita-citakan buat pesawat terbang. Membawa manusia Indonesia ke tiap titik," ujar Habibie disambut tepuk tangan hadirin.

Habibie juga sepakat bahwa regenerasi harus terus dilakukan agar Indonesia bisa terus tumbuh bersama negara lain.

"Mekanisme pemberian stik harus dikembangkan. Manusia yang ambil stiknya harus dipersiapkan, yang ambil performancenya harus lebih tinggi," tutur Habibie. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed