Ya Ampun! Ternyata Ini Biang Kerok Minyak Goreng Rp 14.000/Liter Kosong

Anisa Indraini, Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 22 Jan 2022 06:30 WIB
Minyak Goreng
Foto: Anisa Indraini: Kosong melompong! Minyak goreng Rp 14.000/Liter ludes diborong
Jakarta -

Pemerintah mematok harga minyak goreng Rp 14.000/liter yang berlaku mulai Rabu (19/1/2022). Masalahnya, saat kebijakan itu berlaku, minyak goreng diborong hingga sulit dicari alias kosong di minimarket.

Seperti diketahui minyak goreng Rp 14.000/liter berlaku untuk kemasan sederhana maupun premium di minimarket. Nah, kenapa minyak goreng bisa kosong setelah harganya dipatok Rp 14.000/liter? Apa atau siapa biang keroknya?

Pengusaha ritel mengungkap minyak goreng banyak kosong di minimarket karena masyarakat memborong dengan modus sekeluarga ikut antre membeli. Padahal diimbau satu orang cukup 2 liter.

"Kebetulan tadi tetangga saya 'Alhamdulillah dapat 24 biji minyak goreng,' padahal biasanya beli 1 liter. Ini jadi 48 liter beli yang 2 liter, dapat 24 botol bayangkan kalau seperti itu semua? Stok setruk juga akan habis kalau seperti itu orang yang antre anaknya 5, pembantunya," kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin kepada detikcom Jumat (21/1/2022).

detikcom sempat menyambangi salah satu minimarket di Kramat Pela, Kebayoran, Jakarta Selatan. Rak khusus minyak goreng kemasan kosong tak tersisa karena sudah diborong. Hanya ada minyak kedelai, minyak jagung, dan minyak goreng dari kelapa.

"(Minyak goreng Rp 14.000/liter) kosong, sudah diborong semua hari itu juga (Rabu), dihabisin sama ibu-ibu," kata seorang pegawai minimarket tersebut.

Menurutnya pihak minimarket membatasi pembelian maksimal 1 kemasan per orang. Sayangnya ada saja cara yang dilakukan pembeli demi mendapat banyak minyak goreng Rp 14.000/liter.

"Dibatasin 1 orang 1 (kemasan). Ya tau sendiri nanti bapaknya datang, emaknya datang," kata Indra.

Drama rebutan minyak goreng di halaman berikutnya. Langsung klik

Saksikan juga: Kisah Mantan Sekuriti Sukses Jadi Selebriti, Gegara Curhat di Tiktok

[Gambas:Video 20detik]