d'Mentor: 'Modal' Menjadi Influencer

Brillyan Vandy Yansa - detikFinance
Kamis, 03 Mar 2022 15:20 WIB
dmentor tips & insight menjadi influencer
Foto: 20detik
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI) mencatat, 76,8 persen penduduk Indonesia telah mengakses internet. Data yang dikeluarkan pada awal 2022 ini menjelaskan bahwa 202,35 juta penduduk telah menggunakan internet sebagai media untuk memperoleh informasi.

Angka ini adalah peluang bagi para pesohor di dunia maya untuk memperoleh atensi di tengah masyarakat. Peluang di sektor digital ini bertransformasi menjadi bisnis saat transaksi antara konten kreator menjadi corong bagi pelaku industri untuk memasarkan atau mendekatkan produknya kepada konsumen internet.

Ide konten menjadi faktor penentu. Semakin menarik dan baru, konten itu akan menjadi laku. Di sinilah nilai jual seorang influencer. Setiap konten yang diunggah harus selalu dapat dipertanggung jawabkan, baik kepada follower sebagai konsumen maupun brand sebagai pembeli jasa.

Nilai fantastis pendapatan seorang influencer bukan hanya dipengaruhi oleh ide konten itu sendiri. 'Modal' lain perlu dikeluarkan di awal agar konten yang diproduksi semakin digandrungi.

Bicara tentang profesi, seorang influencer dituntut untuk professional dalam bekerja sama dengan para afiliatornya. Konsisten, tepat waktu, dan tanggung jawab menjadi pegangan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat serta klien.

Dari sisi brand, keberadaan influencer menjadi celah baru bagi industri untuk mendorong pemasaran sebuah gerakan atau produk. Maka, bagi anda yang tengah mendorong awareness bisnis, perlu pandai-pandai memilih influencer seperti apa yang sesuai dengan image brand yang sedang dibangun.

Bersama Janes CS (Beauty Influencer), d'Mentor malam ini akan membahas lebih dalam seluk beluk bisnis influencer di Indonesia. Hadir pula Marsha Imaniara (GM Maverick Indonesia, Strategic Communications Consultancy) untuk memaparkan insight tentang peran seorang influencer terhadap target komunikasi dan bisnis sebuah brand.

Saksikan langsung diskusinya dalam d'Mentor: Tips & Insights Menjadi Influencer di Indonesia, Kamis, 3 Maret 2022 pukul 19.00 WIB - 20.00 WIB di detikcom. Bagi anda yang ingin ambil bagian dalam diskusi, silakan bergabung melalui link zoom yang ditampilkan di awal acara.

(vys/vys)