LIVE! d'Mentor : Tambal Sulam Kantong Bolong Pasca Mudik

ADVERTISEMENT

LIVE! d'Mentor : Tambal Sulam Kantong Bolong Pasca Mudik

Brillyan Vandy Yansa - detikFinance
Kamis, 05 Mei 2022 12:17 WIB
Jakarta -

Idul Fitri kali ini berbeda dari hari raya 2 tahun sebelumnya. Masyarakat dapat mudik dengan hati tenang, setelah pemerintah memberikan lampu hijau bagi mereka yang ingin kembali ke kampung halaman.

Tentu saja hal ini banyak berpengaruh terhadap pola keuangan yang belakangan ini sudah disiapkan. Ada pos-pos pengeluaran yang kembali muncul setelah sebelumnya dihilangkan seperti biaya mudik, makan bersama keluarga, belanja baju dan sebagainya.

Ketika lebaran usai, saatnya melihat kembali pengaturan keuangan yang belakangan ini dihantam berbagai pengeluaran diluar perhitungan. Hal utama yang perlu dilakukan, hitung kembali neraca pengeluaran dan pemasukan akhir-akhir ini. Tujuannya, menentukan titik awal dimulainya budgeting di kemudian hari.

Bila surplus, atau pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran, ada baiknya mulai memikirkan investasi yang tepat untuk menyimpan sisa uang tersebut. Investasi di sini, bukan hanya soal menaruh uang untuk memperoleh deviden atasnya. Uang lebih dari sisa lebaran bisa juga diinvestasikan dalam bentuk asuransi atau deposito untuk dana darurat.

Lalu bagaimana jika hasil perhitungannya minus alias tekor? Tentu saja ada beberapa strategi yang perlu disusun sehingga tidak banyak mempengaruhi kondisi keuangan keluarga dalam jangka waktu yang lama.

Evaluasi menjadi langkah selanjutnya yang perlu ditempuh. Harapannya, seseorang dapat belajar dari kesalahan perhitungan serta mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Sumber dana juga menjadi fokus perhatian. Pengeluaran yang bersumber dari utang tentu saja menjadi preseden buruk.

d'Mentor kali ini akan membahas bagaimana menghitung neraca keuangan pasca lebaran. Menghadirkan Aidil Akbar (perencana keuangan), d'Mentor akan mengupas habis berbagai strategi menyehatkan kantong yang boncos akibat berbagai pengeluaran.

Saksikan d'Mentor "Tambal Sulam kantong Bolong Pasca Mudik" Kamis, 5 Mei 2022 pukul 19.00 WIB di detikcom. Bagi anda yang ingin bertanya langsung atau menyampaikan opini, silakan bergabung melalui link zoom yang tertera di sepanjang acara.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT