ADVERTISEMENT

Gen Z, Mau Kerja Apa?

tim detik - detikFinance
Kamis, 09 Jun 2022 14:57 WIB
dmentor genz mau kerja apa
Foto: 20detik
Jakarta -

Belakangan ini ada dua fenomena besar di dunia ketenagakerjaan di Indonesia. Pertama, gelombang PHK yang dilakukan oleh beberapa perusahaan rintisan akibat pecahnya gelembung ekonomi perusahaan. Akibatnya, para pengelola perusahaan terpaksa melakukan efisiensi termasuk memangkas belanja SDM di lingkungan kerja mereka.

Beberapa minggu setelah isu ini memanas, Menteri Ida memberi ide bagi para pekerja startup yang terkena PHK.

"Yang paling penting adalah mereka ketika tidak bekerja di satu perusahaan tertentu, dia bisa bekerja pada perusahaan lain atau mungkin mengambil inisiatif menjadi seorang wirausaha," terang Ida Fauziyah seperti yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (7/6).

Fenomena yang kedua adalah aksi pengunduran diri ratusan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang terjadi berdekatan dengan bubble burst itu. Selain gaji, alasan pengunduran diri serempak ini disebabkan oleh aturan masa kerja yang terlalu Panjang untuk mereka jalani.

Ekonom Centre of Reform on Economic (Core) Indonesia Yusuf Rendi mengunkapkan faktor lain atas fenomena ini. Menurutnya, fleksibilitas serta gaya kerja dinamis adalah alasan yang menjadi pertimbangan para CPNS yang menggugurkan diri itu.

"Kan kita tahu, kalau kerja jadi PNS itu nggak fleksibel. Ada semacam pola kerja yang sangat-sangat runut. Nah, ini kan buat sebagian orang milenial maupun gen z kurang cocok. Di saat yang bersamaan mungkin ada saja lingkungan kerja yang menawarkan jam fleksibel, misalkan bisa datang di jam berapa saja," Ucap Rendi.

Dua kejadian luar biasa ini menjadi alarm, apakah ketersediaan lapangan kerja di negara ini masih relevan dengan para calon pegawainya. Di satu sisi, seseorang merasa tidak cocok dengan jenis pekerjaan yang beberapa decade menjadi 'pekerjaan impian' para orang tua. Di sisi lain, seseorang terdepak dari kursinya akibat ketidakstabilan ekonomi bentuk perusahaan yang bergengsi belakanan ini, startup.

d'Mentor kali ini akan mengajak anda untuk memahami bagaimana pola kerja di startup serta berusaha menemukan jawaban apa saja pekerjaan yang sesuai dengan 'generasi pegawai kutu loncat', penyumbang bonus demografi negara ini.

Menghadirkan Samuel Ray sebagai praktisi HRD serta Iestri Kusumah seorang mentor karir, saksikan live d'Mentor dengan tema "Gen Z, Mau Kerja Apa?" Kamis, 9 Juni 2022 pukul 19.00 WIB di web serta kanal youtube detikcom. Sampaikan pertanyaan atau tanggapan anda secara langsung melalui saluran zoom yang tertera di layar di sepanjang acara.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT