d'Mentor: Gen Z Hati-Hati! Ada Resesi

ADVERTISEMENT

d'Mentor: Gen Z Hati-Hati! Ada Resesi

V. Yansa - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 12:40 WIB
Jakarta -

Sejak awal 2022, Indonesia selalu dihantui isu resesi. Berbagai indikator yang berimbas pada turunnya kekuatan ekonomi negara membuat banyak pihak berspekulasi. Pada pertengahan tahun, indikasi-indikasi yang mengarah kepada jatuhnya perekonomian Indonesia pun kian marak terjadi.

Pada awal Juli lalu, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS mencapai titik Rp. 14,922 atau naik setara 0.40%. Ini adalah nilai Dollar tertinggi di pekan itu. Sebelumnya, Bank Indonesia merilis data peningkatan nilai tukar dollar dalam sepekan yang berhasil meraih angka 0,84% atau berada di harga Rp 14.788-14.960. Pada awal minggu kedua bulan Juli, dollar pun akhirnya bercokol pada angka Rp.15.064,95.

Kini, hal serupa terjadi. Hingga Rabu siang (5/10), nilai dollar menduduki angka 15,290 rupiah. Sementara itu, kenaikan juga terjadi pada suku bunga acuan di bank sentral di sejumlah negara. Kondisi ini adalah keadaan yang oleh para pengamat disebut-sebut sebagai pundi-pundi resesi. Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, peningkatan suku bunga yang sangat ekstrim menjadi indikator utama datangnya resesi di tahun depan.

"Bank Dunia sudah menyampaikan kalau bank sentral di seluruh dunia melakukan peningkatan suku bunga secara cukup ekstrim dan bersama-sama, maka dunia pasti mengalami resesi di 2023. Inilah yang sekarang sedang terjadi," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Senin (27/9/2022).

Sementara itu, runtuhnya pertahanan ekonomi sudah terlihat di berbagai negara. Bermula dari Sri Lanka hingga Inggris beberapa pekan terakhir. Ia menambahkan bahwa ini adalah gambaran yang akan terjadi di 2023 mendatang. Di sisi lain, sebagian masyarakat merasa bahwa hal ini tidak berpengaruh pada kehidupannya. Akibatnya, tidak ada tindakan preventif untuk memperkecil dampak bila inflasi benar-benar terjadi. Lalu, apa yang perlu dilakukan bila resesi benar-benar tidak bisa dihindari?

Menghadirkan Josua Pardede (pengamat ekonomi), d'Mentor kali ini akan mengulas lebih dalam bagaimana dampak resesi di setiap lini. Saksikan d'Mentor dengan tema 'Gen Z Hati-Hati! Ada Resesi', Kamis 6 Oktober 2022 pukul 19.00 WIB di kanal Youtube serta web detikcom. Bagi anda yang ingin ikut ambil bagian dalam diskusi, silakan bergabung melalui link zoom yang tersedia di sepanjang acara.

(vys/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT