Awalnya Kaki Lima, Brand Sepatu Mamaky Tembus hingga Malaysia

ADVERTISEMENT

Awalnya Kaki Lima, Brand Sepatu Mamaky Tembus hingga Malaysia

Sponsored - detikFinance
Jumat, 09 Des 2022 11:00 WIB
tagsite mamaky
Foto: dok. Mamaky
Jakarta -

Nama Mamaky tentunya tidak asing bagi Anda yang menggeluti bisnis sepatu. Maklon sepatu dan alas kaki satu ini merupakan salah satu pilihan favorit para pebisnis sepatu. Bahkan, beberapa brand yang berada di sekitar Malaysia Barat dan Malaysia Timur juga menggunakan jasa maklon Mamaky.

Namun di balik kesuksesan hingga dipercaya brand luar negeri, Mamaky ternyata memulai kiprahnya dengan berjualan di pinggir jalan. Hal tersebut diakui owner Mamaky Andi Rezeky Restu Rakasi.

Wanita yang akrab disapa Eky ini menceritakan awalnya ia mulai memasarkan produk secara eceran di pinggir jalan. Hal ini ia lakukan bersama suami lewat platform online maupun offline selama 8 tahun.

Namun, pandemi COVID-19 memaksa mereka untuk mengubah cara berbisnisnya. Ibu dua anak ini pun melihat banyak perajin sepatu di Bogor kehilangan pekerjaannya.

Dengan niat memberdayakan para pengrajin sepatu lokal di masa pandemi, Mamaky menjalin kerja sama dengan ratusan pengrajin sepatu hingga sekarang.

"Sepatu Mamaky fokus pada kuantiti produksi demi bisa mempekerjakan lebih banyak orang, nggak pa pa kecil dari sisi profit yang penting bermanfaat bagi banyak orang. Dari hanya punya 4-5 orang, saat ini kami sudah memberdayakan ratusan pengrajin lokal untuk memenuhi permintaan customer," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Mamaky fokus untuk memproduksi alas kaki wanita, mulai dari sandal teplek, heels, flat shoes, hingga sandal anak perempuan. Paket usaha yang ditawarkan cukup terjangkau sehingga memudahkan bagi pebisnis pemula.

Selain itu, Mamaky juga menyediakan layanan lengkap mulai dari custom produk, fasilitas cargo, foto katalog, sampai video produk kepada customernya. Paket usaha yang ditawarkan pun sangat murah, mulai dari Rp 3 jutaan.

Produk yang didapatkan berbeda-beda tergantung bundling yang dipilih. Dengan Rp 3 jutaan, pelanggan bisa mendapatkan 100 pasang dengan 20 model sepatu. Jadi harga masing-masing sepatu sekitar Rp 30 ribuan saja.

Pelanggan juga mendapat custom model dan jenis bahan. Dengan harga Rp 3 jutaan, pelanggan sudah mendapatkan foto katalog all item, satu video produk dan cargo dengan harga termurah. Untuk Pengambilan di atas 1.000 pasang atau 50 kodi, Mamaky menyediakan harga yang lebih murah.

Cara menggunakan jasa maklon Mamaky cukup mudah. Pelanggan bisa melakukan transaksi lewat nomor 087883122648, Instagram @sepatumamaky atau website sepatumamaky.com.

Selain menawarkan jasa produksi, Mamaky sendiri juga memiliki produk sepatu dengan brand 'Mamaky'. Brand sepatu Mamaky dijual kepada distributor di kota-kota seperti Malang dan Makassar.

Eky berharap ke depannya keberadaan sepatu lokal dapat lebih dicintai oleh masyarakat Indonesia. Menurutnya produk lokal memiliki kualitas yang tak kalah jika dibandingkan dengan produk import.

"Harapan kami, semoga sepatu lokal, handmade bisa lebih dicintai, dan diminati oleh konsumen dalam negeri dibandingkan produk impor. Seringkali produk lokal dianggap buruk, padahal produksi produk low quality dilakukan karena permintaan pasar. Jadi bukan karena produk lokal tidak berkualitas, namun permintaan pasarlah yang membentuknya demikian," ungkapnya.

"Tanpa melihat banyak produk-produk yang diproduksi di dalam negeri namun lebih tersohor di luar negeri karena kualitasnya," tandasnya.

(Tagsite/Mamaky)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT