Follow detikFinance
Senin, 02 Mei 2011 13:19 WIB

Menteri ESDM: Bensin Premium Hanya Untuk Kaum Dhuafa

- detikFinance
Jakarta - Pemerintah mengatakan bensin premium hanya diperuntukkan bagi kaum dhuafa (miskin). Masyarakat mampu sebaiknya membeli pertamax, meskipun saat ini harganya mencapai Rp 9.050 per liter.

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh seusai mengadakan konferensi pers acara Seminar dan Pameran Nasional CSR Pendidikan Sektor ESDM 2011 yang dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta, Senin (2/5/2011).

"Sesuai dengan UU, bahwa dinyatakan premium, BBM bersubsidi buat golongan kurang mampu, untuk kaum dhuafa," katanya.

Karena itu Darwin meminta supaya orang-orang yang mampu untuk tetap menggunakan pertamax. "Pemerintah akan terus melakukan pendidikan kepada petugas maupun pemilik SPBU untuk membantu supaya menyalurkan BBM subsidi ke masyarakat yang tepat," tandas Darwin.

Ketika diminta tanggapannnya terkait naiknya harga pertamax sejak 1 April 2011 menjadi Rp 9.050 per liter, Darwin mengatakan pemerintah akan mengambil tindakan berdasarkan aturan yang ada.

Tindakan dilakukan sehingga kenaiakn pertamax tidak memicu kenaikan konsumsi premium yang otomatis bisa membuat dana subsidi melonjak.

"Kita akan terus menjelaskan, mengimbau (kepada konsumen), dan kita terus upayakan untuk menggunakan teknologi tertentu, jad nanti distribusi BBM bersubsidi bisa tepat sasaran," ujar Darwin.




(nrs/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed