Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Des 2011 13:07 WIB

Pasok BBG TransJakarta, Pertamina Tagih Lahan SPBG ke DKI

- detikFinance
Jakarta - Pertamina siap menyediakan bahan bakar gas (BBG) untuk kebutuhan bus TransJakarta. Jumlah armada TransJakarta tahun depan bertambah 202 menjadi 674 armada.

Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan tahun depan pemerintah telah mendapat alokasi gas sebesar 4 mmscfd dari BP Migas untuk kebutuhan TransJakarta tersebut.

"Alokasi gas ini terkait dengan adanya rencana pemprov DKI untuk menambah armada busway sejumlah 44 di tahun 2011 dan 202 armada di tahun 2012 sehingga total menjadi 674 armada yang akan membutuhkan 6,4 mmscfd," jelas Karen dalam acara Go Gas 2011 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (5/12/2011).

Besarnya kebutuhan tersebut membuat Pertamina akan membangun 1 unit Mother Station dan 4 unit Daughter Station yang lokasinya akan menggunakan lahan milik Pemprov DKI.

"Pasokan gas untuk SPBG existing diharapkan dapat dipasok oleh PGN sebesar 2,6 mmscfd, sedangkan suplai ke Mother/Daughter station menggunakan alokasi dari BP Migas sejumlah 4 mmscfd," jelas Karen.

Namun, kata karen, realisasi komitmen Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk menyediakan lahan bagi 4 Daughter Station masih menggantung. Tanpa dukungan dan keterlibatan pemerintah daerah, sangat sulit bagi kami untuk mendukung program konversi BBM ke gas ini.




(dnl/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com