Peneliti UI: 93% BBM Subsidi Dinikmati Rumah Tangga Menengah-Atas

- detikFinance
Jumat, 15 Mar 2013 17:25 WIB
Foto: Dok. detikFinance
Jakarta - Banyak kalangan mengatakan BBM Subsidi banyak yang tidak tepat sasaran. Ternyata sebanyak 93% alokasi BBM subsidi yang disediakan pemerintah dinikmati oleh keluarga kalangan menengah-atas.

Pengajar dan Peneliti Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Uka Wikarya mengatakan, saat ini ada 60% dari total rumah rumah tangga di Indonesia yang menjadi pengguna BBM subsidi.

"Pengguna BBM subsidi khususnya premium di Indonesia mencapai 60%," kata Uka di acara diskusi 'Dinamika Kebijakan BBM dan LPG Bersubsidi' di kampus Universitas Indonesia, Depok, Jumat (15/3/2013).

Diungkapkan Uka, dari keseluruhan rumah tangga yang menggunakan BBM subsidi, hanya 6,5-6,7% yang tergolong sebagai rumah tangga kelas bawah. Jadi sisanya atau sekitar 93%, merupakan rumah tangga golongan atas.

"Itu berdasarkan data Sensus Nasional 2011, di mana 30,9% golongan rumah tangga menengah sebagai pengguna BBM subsidi dan 62,6% rumah tangga golongan atas menggunakan BBM subsidi. Jadi total 93% rumah tangga yang menggunakan premium adalah golongan menengah-atas," ungkap Uka.

Apalagi, dari 60% rumah tangga yang memiliki kendaraan berdasarkan data sensus BPS pada 2011, hanya 31,7% dimiliki oleh rumah tangga golongan terbawah.

"Apalagi hanya 60% rumah tangga yang menikmati BBM subsidi tersebut hanya 31,7% golongan rumah tangga golongan bawah yang memiliki kendaraan, sementara 68,3% golongan rumah tangga golongan terbawah tidak memiliki kendaraan," ucap Uka.

Saat in pemerintah belum akan menaikkan harga BBM subsidi. Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, pemerintah masih akan mencari jalan lain untuk bisa menekan anggaran subsidi BBM.

(rrd/dnl)