Sudirman Said Blusukan ke Lampung Pantau Pembangkit Listrik

- detikFinance
Selasa, 25 Nov 2014 09:35 WIB
Jakarta - Salah satu bentuk pengalihan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke sektor yang lebih produktif adalah untuk infrastruktur kelistrikan. Hari ini, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said blusukan ke Lampung untuk memeriksa pembangkit listrik di Tarahan yang berkapasitas 2 x 100 MW.

Demikian informasi yang diperoleh detikFinance, Selasa (25/11/2014). Ikut serta dalam blusukan ini Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman, Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji, dan Area Manager Arfan.

Sudirman memulai agenda blusukan ini sekitar pukul 08.30 WIB. Dia meninjau ruang kendali (control room) dan beberapa lokasi di pembakit Tarahan.

Sudirman menyebutkan, sektor kelistrikan adalah salah satu prioritas pemerintah. Setelah mempersiapkan pengalihan subsidi BBM, pemberantasan mafia migas, dan memberi kepastian pimpinan SKK Migas, agenda pemerintah adalah mempercepat pembangunan pembangkit listrik.

Pemerintahan presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Sudirman, punya target membangun berbagai pembangkit listrik dengan kapasitas total 35.000 MW. Ini akan menjadi salah satu fokus kebijakan pemerintah.

Selain pembangkit Tarahan, Sudirman Said juga dijwadwalkan akan meninjau pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sebalang yang juga berlokasi di Lampung. Kapasitas PLTU Sebalang direncanakan 2x100 MW.

PLTU Sebalang rencananya akan mulai beroperasi pada Desember 2014. Sudirman akan bergabung dengan Presiden Jokowi dalam meninjau proyek ini.

(hds/hds)