Follow detikFinance
Selasa, 25 Nov 2014 18:45 WIB

Mengapa Harga Premium Bisa Sama Tapi Pertamax Beda?

- detikFinance
Jakarta - Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yaitu premium dan solar di seluruh Indonesia harganya sama. Namun harga BBM non subsidi seperti pertamax harganya bisa berbeda antar daerah.

"Harga premium dan solar sama karena disubsidi negara. Biaya distribusi ditanggung negara, bahkan ada di beberapa daerah ditambah bantuan dari pemda karena lokasinya yang sulit ditembus dan harus menggunakan pesawat, seperti di Jayapura," jelas Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir saat ditemui di SPDN Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (25/11/2014).

Sedangkan pertamax, lanjut Ali, adalah harga pasar tanpa subsidi. Segala biaya, termasuk distribusi, ditanggung sendiri oleh Pertamina.

"Kalau pertamax semakin jauh jaraknya semakin kecil untungnya. Kita juga tetapkan alpha (komponen biaya distribusi dan marjin) pertamax itu sekitar Rp 500 per liter. Kalau kejauhan ya rugi," ungkapnya.

"Makanya semakin mudah suatu daerah dalam mendistribusikan BBM, semakin lengkap juga infrastruktur BBM-nya. Mulai dari kilang, depo BBM, makin murah harga pertamax begitu juga sebaliknya," tutur Ali.

Lewat akun Twitter, detikFinance mencoba mengumpulkan harga-harga pertamax dari pembaca lewat hastag #hargapertamax. Berikut harga pertamax berdasarkan kicauan para pembaca.

Akun @pramono-DQ mengatakan, harga pertamax di Sukoharjo, Surakarta Rp 10.500/liter. Ada juga akun @akhmadrizki666 yang menyatakan harga pertamax di Klaten adalah Rp 10.600/liter.

Sementara akun @ramadhanfajar berkicau, harga pertamax di daerah Depok Timur mencapai Rp 10.200/liter. Akun @VI85Lia mengatakan, harga pertamax di Pamekasan, Madura, adalah Rp 10.500/liter.

Pembaca dari Magetan, yaitu pemilik akun Ryn_vella mengatakan, harga pertamax di daerahnya adalah Rp 10.800/liter. Kemudian ada @alcohol_120 yang mengatakan, harga pertamax di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Rp 10.800/liter. Lalu @ErPantra mengatakan, di Kediri, Jawa Timur, harga pertamax Rp 10.600.liter. Sementara @myisChaa mengatakan, di SPBU Candi Mas, Cilacap, harga pertamac Rp 10.060/liter.

Menarik lagi, akun @indraarif89 mengatakan, harga pertmax di Lampung adalah Rp 12.200/liter. Padahal lokasi Lampung dan Jakarta cukup dekat.

Ada juga @tan37dewi yang mengatakan, harga pertamax di wilayah Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara adalah Rp 12.250/liter. Lalu @merviadellia mengatakan, harga pertamax di Padang, Sumatera Barat adalah Rp 12.025/liter. Sementara @pearlfuturistik mengatakan, harga pertamax di Samarinda, Kalimantan Timur adalah Rp 12.500/liter.

(rrd/hds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed