Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Mar 2015 15:25 WIB

Cerita Menteri ESDM yang Kaget Dirut Petral Digaji Rp 572 Juta/Bulan

- detikFinance
Jakarta - Menteri ESDM Sudirman Said mengakui, dirinya bersama Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Faisal Basri melakukan kunjungan ke kantor Pertamina Energy Trading Limited (Petral) di Singapura. Sudirman kaget soal besarnya gaji Direktur Utama Petral.

"Iya saya ke sana (kantor Petral) sama Pak Faisal juga. Aku sebenarnya sudah lama tahu banyak tentang Petral kan sejak di Pertamina. Cuma memang soal-soal kompensasi itu mengagetkan saja," ujar Sudirman di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (23/3/2015).

Memang menurut Faisal Basri sebelumnya, selain gaji yang besar, uang pisah pergantian Dirut Petral yang baru-baru ini dilakukan juga besar.

Pada awal tahun ini, manajemen Pertamina mengganti Dirut Petral. Dirut Petral baru adalah Totok Nugroho, menggantikan Bambang Irianto.

Faisal mengatakan, biaya yang harus dikeluarkan sebagai kompensasi mengganti Dirut Petral mencapai Rp 13 miliar lebih. "Kami pada 8 Maret lalu datangi kantor Petral. Saya, Pak Menteri ESDM Sudirman Said, Direktur SDM Pertamina (Dwi Wahyu Daryoto), dan Dirut ISC (Integrated Supply Chain) Daniel Purba," ungkap Faisal.

"Tahu nggak yang buat kita lebih kaget lagi? Uang pisah Dirut Petral yang kemarin itu lebih dari US$ 1 juta (sekitar Rp 13 miliar)," kata Faisal.

Soal gaji, per bulan, Dirut Petral mendapatkan gaji US$ 44 ribu per bulannya, atau mencapai Rp 572 juta per bulan.

"Pak Dwi (Direktur SDM Pertamina) kan tahu semua gaji pegawai Pertamina, tapi dia tidak tahu gajinya Dirut Petral. Pas diperlihatkan kaget, gajinya Dirut Petral itu US$ 44.000 (Rp 572 juta) per bulan take home pay, kalau pokoknya US$ 41.000 (Rp 533 juta). Kalah jauh gajinya Dirut Pertamina yang hanya sekitar Rp 200 juta per bulan take home pay," jelas Faisal.

Ikuti kisah lengkap gaji fantastis bos Petral di sini
.

(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com