Ini Daerah di Indonesia yang Paling Banyak Cadangan Emas

- detikFinance
Sabtu, 11 Apr 2015 14:15 WIB
Jakarta - Emas merupakan salah satu mineral yang bernilai tinggi, Indonesia sendiri memproduksi sekitar 70 ton per tahun. Di mana saja daerah yang memiliki cadangan emas paling banyak di Indonesia?

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono mengatakan, hampir seluruh wilayah Indonesia memiliki potensi cadangan emas, namun hanya beberapa daerah yang memiliki cadangan emas cukup besar.

"Paling besar cadangan emasnya ada di Papua, salah satu yang menambang emas di sana adalah PT Freeport Indonesia, cadangannya mencapai 700 ton bijih Au," kata Surono kepada detikFinance, Sabtu (11/4/2015).

Surono menambahkan, daerah lain yang memiliki cadangan emas paling banyak, ada di Sumbawa, Pongkor Jawa Barat, Batangtoru Tapanuli Selatan, dan Halmehera.

"Di Sumbawa tempat Newmont Nusa Tenggara beroperasi di sana cadangannya mencapai 32 juta ton bijih, Pongkor cadangannya 6 juta ton bijih Au, Batangtoru 5,7 juta ton bijih Au, Halmahera 1 juta ton bijih Au," ungkap Surono.

Ia menambahkan, potensi emas di Indonesia memang hanya dalam bentuk bijih, jarang sekali ditemukan emas dalam bentuk batu atau bongkahan.

"Jadi penambangan emas di Indonesia ini harus menggali cukup banyak, kemudian bijih-bijih emas dilebur jadi satu, jarang ditemukan dalam bentuk batu atau bongkahan seperti di Afrika. Karena di Indonesia aktivitas vulkanologinya masih muda," tutup Surono.

(rrd/rrd)