Pengusaha SPBU Lebih Untung Jual Pertalite daripada Premium

Rista Rama Dhany - detikFinance
Selasa, 28 Jul 2015 13:34 WIB
Jakarta - Sejak Jumat (24/7/2015) PT Pertamina (Persero) menjual bensin terbarunya yakni Pertalite. Selain disambut antusias masyarakat, pengusaha SPBU ternyata lebih suka jual Pertalite dibandingkan bensin Premium, karena untungnya lebih besar.

"Untung jual Pertalite lebih besar daripada jual Premium," kata Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi Nasional (Hiswana Migas) Eri Purnomohadi, kepada detikFinance, Selasa (28/7/2015).

Eri mengatakan, fee yang diberikan Pertamina dari penjualan Pertalite di SPBU sebesar Rp 300/liter, sedangkan bensin Premium sekitar Rp 277/liter.

"Bila konsumsi Pertalite terus meningkat, tentu lebih baik jual Pertalite. Tapi kan sekarang mayoritas konsumsi BBM orang Indonesia masih pakai Premium," katanya.

Menurutnya, untung jualan Pertalite walau besar tidak akan berpengaruh besar bagi pengusaha SPBU karena konsumsi per harinya kecil. Hal ini seperti yang terjadi pada Pertamax 92 dan 95.

"Untung Pertamax di atas Rp 300/liter, tapi kalau konsumsinya sedikit ya kecil untungnya. Tapi melihat konsumsi Pertalite yang meningkat terus tiap harinya, apalagi yang sebelumnya konsumsi Premium pindah ke Pertalite ini tentu bagus bagi bisnis SPBU," kata Eri.

Seperti diketahui, Pertamina menjual Pertalite Rp 8.400/liter, dengan harga tersebut Pertamina mengaku tak dapat untung.

"Kalau dihitung dengan harga minyak dan kurs sekarang, harga aslinya Pertalite Rp 8.700/liter, tapi karena ini harga promo kita jual Rp 8.400/liter," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang.

Bambang mengungkapkan, walau lebih murah Rp 300/liter daripada harga seharusnya, Pertamina tidak rugi sama sekali, tetapi tidak mendapatkan untung dari penjualan Pertalite.

"Tidak rugi, tapi nggak ada untung sama sekali, impas, cuma BEP (Break Even Point)," kata Bambang.

Saat ini Pertalite baru ada di 101 SPBU yang tersebar di Jakarta, Bandung, jalan tol, Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

(rrd/hen)