Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Jan 2016 07:58 WIB

Harga BBM dan Listrik Turun, Daya Beli Masyarakat RI Makin Tinggi di 2016

Maikel Jefriando - detikFinance
FOKUS BERITA Harga BBM Turun
Jakarta - Awal tahun 2016 dimulai dengan 'kado' dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL) serta elpiji 12 kg. Dampaknya akan cukup besar terhadap perekonomian Indonesia ke depannya.

Eric Sugandi, Ekonom Kenta Institute menilai kebijakan ini akan memperbaiki daya beli masyarakat. Apalagi bila dikombinasikan dengan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ikut naik.

"Dampaknya akan positif dalam memperbaiki daya beli masyarakat jika dikombinasikan dengankenaikan UMP, dampaknya terhadap daya beli masyarakat akan lebih besar," ujarnya kepada detikFinance, Rabu (6/1/2016)

Diketahui dalam setahun kebelakang, daya beli masyarakat memang sedikit melambat. Ini seiring dengan makin rendahnya harga komoditas dan memukul industri utama di dalam negeri, yakni perkebunan dan pertambangan. Kemudian menular ke sektor lainnya, khususnya perhotelan, makanan dan minuman.

Pemerintah, melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sempat kewalahan melihat kondisi tersebut, meski kemudian diambil langkah kenaikan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) menjadi Rp 3 juta per bulan. Hingga akhirnya konsumsi rumah tangga tetap terjaga di sekitar 5%.

David Sumual, Ekonom PT Bank BCA Tbk memperkirakan konsumsi rumah tangga di 2016 bisa di atas 5%. Ini pun akan menjadi penopang utama dalam pertumbuhan ekonomi 2015 yang ditargetkan pemerintah sebesar 5,3%.

"Dengan terjadi penurunan BBM, jadi mendorong daya beli masih tetap bagus. Pertumbuhan konsumsi sekitar 5% atau lebih," jelas David kepada detikFinance.

Meskipun demikian, pemerintah juga tetap menjaga harga-harga barang kebutuhan pokok tidak melonjak. Seperti beras, daging sapi, cabai, bawang dan yang lainnya. Inflasi harus dikendalikan pada batas yang sesuai APBN, yakni 4,7%.

(mkl/ang)
FOKUS BERITA Harga BBM Turun
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com