Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Jan 2016 18:11 WIB

Harga Turun, Konsumsi Premium dan Solar Naik 15%

Zainal Effendi - detikFinance
FOKUS BERITA Harga BBM Turun
Jakarta - Turunnya harga bensin Premium dan Solar sejak Selasa (5/1/2016), membuat peningkatan konsumsi BBM masyarakat. Salah satunya di Jawa Timur yang mengalami peningkatan konsumsi hingga 15%.

Area Manager Communication & Relations Pertamina MOR V, Heppy Wulansari menjelaskan, penurunan harga BBM membuat Pertamina melakukan penambahan pasokan ke SPBU. Langkah ini selain untuk recovery stock SPBU pasca lonjakan hari pertama penurunan harga, juga dimaksudkan untuk antisipasi peningkatan konsumsi BBM yang diprediksi masih terjadi di hari kedua pasca penurunan harga.

"Premium kita tambah 47% dan solar sebesar 62%," kata Heppy, dihubungi, Rabu (6/1/2016).

Dengan penambahan ini, maka penyaluran bensin premium di Jawa Timur mencapai 14.612 kiloliter (KL) dan Solar 8.536 KL.

Pada hari H penurunan harga, Selasa (5/1) peningkatan konsumsi Premium di Jawa Timur mencapai sebesar 15% dan Solar 19%. Jumlah tersebut di atas konsumsi normal yang mencapai 9.934 KL untuk premium dan solar 5.275 KL.

Pihaknya juga menghimbau pemilik kendaraan tidak melakukan panic buying, karena Pertamina menjamin stok BBM masih aman. Meski di beberapa SPBU mengalami kekosongan yang diduga kehabisan stok pasca penurunan harga.

"Stok semua produk BBM dalam kondisi aman dan penambahan pasokan akan terus dilakukan hingga kondisi normal kembali," tutup Heppy.

Seperti diketahui pemerintah menurunkan harga premium jadi Rp 6.950/Liter, solar jadi Rp 5.650/Liter

(ze/rrd)
FOKUS BERITA Harga BBM Turun
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com