Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Mar 2016 15:05 WIB

Curhat Alex Noerdin: Sumsel Kaya Gas Tapi Dinikmati Daerah Lain

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Muhammad Idris-detikFinance Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Prabumulih - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, mengungkapkan keberatannya atas pengelolaan sumber daya di wilayahnya. Meski kaya akan minyak dan gas bumi, namun masyarakat di wilayahnya justru tak banyak menikmati kekayaan alammya sendiri, khususnya gas bumi.

Hal tersebut disampaikan Alex, saat menemani Menteri ESDM, Sudirman Said, saat groundbreaking jaringan gas (jargas) di Lapangan Prabujaya, Kota Prabumulih, Senin (21/3/2016).

"Gas kita yang punya. Harusnya buat kita dulu, kalau ada lebih baru kirim ke daerah lain atau diekspor. Hadis-nya kan begitu, bantulah tetanggamu kalau kamu sudah cukup. Kita sendiri belum cukup malah sudah bantu tetangga," kata Alex.

Dia menilai, permintaan pembagian alokasi gas serta pembangunan infrastruktur gas yang lebih besar untuk wilayahnya ketimbang daerah lain, merupakan hal yang wajar.

"Barangkali dengan kita punya gas ada perhatian lebih. Bukan soal anak emas atau anak tiri, tapi wajar Sumsel dapat perhatian dapat gas. Tolonglah ini bisa dikabulkan," ujar Alex.

Alex meminta dua BUMN gas, yakni Pertagas dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), membangun jargas di wilayahnya juga segera bisa direalisasikan.

"Gasnya kan di sini, masak disalurkan buat daerah lain, janganlah itu. Kalau nggak disalurkan kita buat Pertagas sendiri (BUMD). Karena Jargas tidak hanya diidamkan di Prabumulih, tapi juga Sumsel," tutur Alex. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed