Follow detikFinance
Rabu 13 Apr 2016, 08:24 WIB

Setelah Krisis 11 Hari, Listrik di Nias Mulai Pulih

Michael Agustinus - detikFinance
Setelah Krisis 11 Hari, Listrik di Nias Mulai Pulih Foto: Dok. PT PLN (Persero)
Jakarta - Pasokan listrik Nias dipastikan pulih, setelah 7 unit mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Moawo kembali beroperasi dan menghasilkan daya 10,5 MW (Megawatt).

Tambahan daya ini menjadikan wilayah Gunung Sitoli, Nias Utara dan sebagian Nias Barat sejak semalam kembali terang benderang, setelah sebelumnya mengalami pemadaman akibat defisit listrik selama 11 hari.

Lampu di pertokoan dan warung-warung penjual makanan serta rumah-rumah penduduk sudah menyala. Begitu pula lampu penerangan jalan umum di Gunung Sitoli sudah menyala kembali.

"Secara bertahap mesin-mesin PLTD sewa kita operasikan kembali. Malam ini PLTD Moawo sudah nyala. Selanjutnya menyusul PLTD Idanoi untuk melistriki sebagian Nias yang belum menyala," kata Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi, dalam keterangan tertulis kepada media, Rabu (13/4/2016).

PLTD Moawo beroperasi kembali setelah American Power Rent (APR), penyedia PLTD yang disewan PLN, mendatangkan 8 teknisinya untuk mengoperasikan mesin PLTD.

Kepastian beroperasinya kembali PLTD Nias diperoleh setelah terjadi kesepakatan antara PLN dengan APR tentang penyelesaian masalah kontrak sewa PLTD Kualanamu dan Tanjung Morawa. Kesepakatan ini dimediasi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia.

Pasca kesepakatan tersebut, APR secara berturut-turut mulai Selasa kemarin, mengirimkan para teknisinya untuk mengoperasikan 2 PLTD yang berada di Idanoi dan Moawo. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed