Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Okt 2016 07:30 WIB

Pertamina Tambah Tanker Baru Rp 152 Miliar

Michael Agustinus - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Anak usaha Pertamina, yaitu PT Pertamina Trans Kontinental (PTK), menambah armada kapal miliknya di tahun ini. Kapal tanker ini akan memperkuat armada kapal tanker untuk mengangkut minyak.

Satu unit kapal Small Tanker 3500 LT DWT ini diserahkan kepada PTK pada Rabu (12/10/2016), oleh PT Drydock World Pertama (DDW) sebagai perusahaan yang telah memenangkan tender pembangunan kapal milik PTK, dengan nilai investasi US$ 11.728.000 atau sekitar Rp 152 miliar.

Transko Arafura merupakan tanker pertama yang dibangun dan dimiliki oleh PTK. Pembangunan kapal Small Tanker ini sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan telah disesuaikan dengan aturan terkini dari IMO, SOLAS, MARPOL, CLASS NK, dan ISM.

Rencananya, Transko Arafura melayani Pertamina Shipping. Kapal jenis small tanker ini nantinya akan dioperasikan di wilayah perairan Sumatera Bagian Utara atau Kalimantan dan sekitarnya.

"Transko Arafuru akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan Pertamina Shipping dan ditargetkan memberikan kontribusi pendapatan bagi PTK sebesar Rp 31 miliar per tahun," ungkap Soebagjo Hari Moeljanto, Direktur Utama PTK, dalam keterangannya, Jumat (14/10/2016).

Selain Transko Arafura rencananya PTK juga akan melaksanakan delivery 1 unit Oil Barge 1.100 KL bernama Transko Ranau, yang dibangun PT Patria Maritim Perkasa.

Bertambahnya armada kapal milik PTK, akan memperkuat bisnis PTK selaku anak usaha Pertamina dan meningkatkan eksistensi PTK untuk bersaing secara global di dalam bisnis pelayaran. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com