Follow detikFinance
Senin 17 Oct 2016, 13:16 WIB

Canda Jonan ke Luhut, Sekjen ESDM, Hingga Istri Arcandra Tahar

Michael Agustinus - detikFinance
Canda Jonan ke Luhut, Sekjen ESDM, Hingga Istri Arcandra Tahar Foto: Michael Agustinus-detikFinance
Jakarta - Acara serah terima jabatan (sertijab) Menteri ESDM pagi ini berlangsung hangat. Dalam sertijab itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan kerap melontarkan lelucon agar suasana lebih rileks.

Saat membuka sambutannya, Jonan sambil bercanda menyindir Luhut yang saat sambutan sempat salah menyebut kepanjangan dari ESDM.

"Hari pertama pidato harus pakai teks dulu, takut salah nyebut jadi Energi dan Sumber Daya Manusia. ESDM itu Energi dan Sumber Daya Mineral, betul ya Pak ya?" kata Jonan sambil menoleh ke Luhut dan disambut gelak tawa dari para hadirin di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Kemudian Jonan kembali bergurau saat melihat istri Arcandra Tahar. Kata Jonan, ia sempat mengira istri Arcandra adalah anak Arcandra karena wajahnya yang awet muda. "Ibu Arcandra, ibu muda sekali ya? Tadi saya kira Pak Arcandra masuk ruangan bawa anaknya, lho bagaimana ini?" ujarnya.

Lalu kepada Sekjen Kementerian ESDM Teguh Pamudji, Jonan mengaku sempat takut ditanya soal kompetensi yang dikuasainya di sektor ESDM. Dia mengaku jadi Menteri ESDM dengan hanya bermodalkan pengalaman sebagai 'mantan Menteri Perhubungan.

"Mana Pak Sekjen? Kemarin waktu saya memperkenalkan diri, karena ini bidang yang saya tidak kenal secara detail, saya takutnya ditanya 'Pak, Bapak ini kompetensinya apa?' Sebelum ditanya saya jawab duluan 'saya mantan menteri'," tuturnya.

Saat menyinggung mengenai pengembangan energi baru terbarukan (EBT), Jonan kembali bercanda. Ia mengungkapkan bahwa dulu saat masih menjadi Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI) sering mendengar istilah pejabat ESDM 'di-Cikini-kan'.

Ternyata maksudnya adalah konon dahulu pejabat-pejabat di ESDM yang membangkang sering dipindahkan alias dibuang ke Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) yang kantornya di Cikini.

"Soal EBT, ini menarik. EBT tempatnya dimana? Di Cikini ya? Mohon maaf ke menteri-menteri sebelumnya. Ada gosipnya begini, kalau ngelawan itu di-Cikini-kan. Dulu yang saya tahu di Cikini itu hanya stasiun kereta," ujarnya disambut tawa para undangan.

Di pengujung sambutannya, Jonan tak lupa meminta dukungan dari semua pihak di Kementerian ESDM agar sektor ini bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara.

"Kepada rekan-rekan di Kementerian ESDM, saya ingin mengulang kembali. Kita itu customer-nya siapa? Kalau kita nggak punya customer, ya tutup saja," pungkasnya. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed