Follow detikFinance
Selasa 13 Dec 2016, 14:18 WIB

Tingkatkan Cadangan BBM Strategis Hingga 30 Hari, Pertamina Siapkan Rp 52 Triliun

Michael Agustinus - detikFinance
Tingkatkan Cadangan BBM Strategis Hingga 30 Hari, Pertamina Siapkan Rp 52 Triliun Foto: Michael Agustinus
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan sanggup meningkatkan cadangan BBM strategis (Strategic Petroleum Reserve/SPR) nasional hingga 30 hari.

Cadangan penyangga tersebut akan digunakan apabila terjadi krisis dan darurat energi berdasarkan kondisi nasional sesuai dengan ketentuan Perpres Nomor 41 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan dan Penanggulangan Krisis dan Darurat Energi.

Selama ini Indonesia tidak punya cadangan penyangga energi. Apabila terjadi keadaan darurat, tidak ada cadangan penyangga energi dalam bentuk bahan bakar minyak (BBM) yang dapat digunakan. Yang dimiliki Indonesia sekarang hanya cadangan BBM untuk operasional selama 18-22 hari.

Pertamina siap menggelontorkan dana US$ 4 miliar atau sekitar Rp 52 triliun guna membangun infrastruktur penyimpangan cadangan BBM strategis untuk kebutuhan selama 30 hari.

"Kita sanggup tanpa keluar duit pemerintah. Biaya pembangunan infrastrukturnya untuk SPR 30 hari lumayan gede, sekitar US$ 4 miliar. Produknya mengikuti harga," kata Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang, dalam Pertamina Energy Forum 2016 di Ritz Carlton PP, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Pembangunan infrastruktur-infrastruktur untuk menimbun BBM itu, misalnya tangki-tangki penyimpanan (storage), dapat dibangun dalam waktu 5 tahun.

"Sekitar 5 tahun lah," ucapnya.

Tapi, agar Pertamina tak merugi, Bambang meminta nantinya semua pelaku usaha niaga BBM membeli dari Pertamina. Ini dilakukan untuk memutar stok dari cadangan BBM strategis.

"Kalau kita disuruh menyediakan stok sampai 30 hari, semua pemain BBM di Indonesia harus beli ke Pertamina semua untuk memutar stok itu," tutupnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed