Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Des 2016 17:51 WIB

Jelang Natal, 60 Desa di Papua Teraliri Listrik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Istimewa
Jayapura - PT PLN (Persero) mendistribusikan listrik ke 60 desa di Papua dan Papua Barat pada Desember 2016. Distribusi listrik ini merupakan bentuk hadiah dalam menyambut Perayaan Natal, pada 25 Desember 2016 nanti.

General Manager PLN Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono mengungkapkan, penyaluran listrik ke 60 desa ini dilakukan sebelum tanggal 25 Desember mendatang.

"Tanggal 15 Desember ini kita resmikan di Jayapura, Marauke, dan di Timika. Tanggal 16 Desember besok di Papua Barat, Manokwari, Sorong. Lalu tanggal 17 kita resmikan di Biak. Sisanya sebelum Natal, paling lambat tanggal 24 Desember sudah semua," ungkap Yohanes di Kantornya, Jayapura, Kamis (15/12/2016).

Dalam melistriki 60 desa ini, jelas Yohanes, PLN menggunakan tiga strategi. Pertama, sambungan langsung dari transmisi untuk desa-desa yang dilewati jaringan listrik. Kedua, PLN melihat infrastruktur yang tersedia di desa tersebut.

"Kalau belum ada jaringan, kita tarik kabel dulu dari jaringan terdekat. Ketiga, pasang pembangkit untuk daerah-daerah terisolated," kata dia.

Dirinya menyatakan, dari 60 desa ini, telah ada hampir 2.500 pelanggan yang mendapatkan pasokan listrik baru dari PLN. Mereka hanya dikenakan membayar sambungan listrik sekitar Rp 1 juta, tergantung besaran tegangan yang diminta.

"Walaupun ini kita sebut hadiah Natal, tapi mereka tetap ikut ketentuan PLN dalam menanggung listrik. Jadi dia harus biaya penyambungan listrik kurang lebih Rp1 juta per satu pelanggan, lalu bayar pulsa tergantung pemakaian," terangnya.

Dengan sambungan listrik baru ini, rasio elektrifikasi Papua sudah mencapai 55%, naik 5% sejak Maret 2016. Pendistribusian listrik ini juga merupakan salah satu upaya PLN dalam memenuhi target rasio elektrifikasi tahun 2020 sebesar 90%.

"Dulu Maret 2016, rasio elektrifikasi kami hanya 50%. Dengan ini diperkirakan menjadi 55%," ungkap Yohanes. (drk/drk)
pln
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com