Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Jan 2017 16:35 WIB

Jokowi: SDA Harus Digunakan untuk Kemakmuran Rakyat

Michael Agustinus - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini mengumpulkan para menteri untuk rapat membahas kebijakan hilirisasi mineral. Dalam sambutannya saat membuka rapat, Jokowi memberi pesan kepada jajarannya. Ia menyatakan, kekayaan alam Indonesia, termasuk mineral dan batu bara, harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Maka kebijakan yang dibuat harus berpihak pada rakyat.

Di samping itu, kegiatan pertambangan mineral dan batu bara juga harus memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

"Saya menekankan, pemanfaatan sumber daya alam, baik mineral maupun batu bara, harus dihitung dengan cermat. Prinsip yang harus dipegang adalah sumber daya alam harus dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dan pemanfaatannya memperhatikan keberlanjutan, juga lingkungan hidup. Lebih penting lagi berpihak pada kepentingan nasional kita," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/1/2017).

Ia mengingatkan, mineral dan batu bara bukan sumber daya yang terbarukan, cadangannya terbatas. Maka harus digunakan sebaik-baiknya, rakyat harus menikmatinya.

"Sumber daya minerba merupakan sumber daya kita yang tidak bisa diperbarui, ini akan habis. Sekarang Indonesia masih tercatat sebagai eksportir batu bara terbesar di dunia. 83 tahun mendatang sudah akan habis," tutupnya. (mca/mkl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com