Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Jan 2017 11:32 WIB

Pertamina Corporate University Dapat Akreditasi dari Eropa

Michael Agustinus - detikFinance
Foto: Michael Agustinus-detikFinance Foto: Michael Agustinus-detikFinance
Yogyakarta - Pertamina Corporate University menerima akreditasi Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD). Pertamina Corporate University menjadi corporate university pertama di kawasan Asia yang menerima akreditasi tersebut.

Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang, mengatakan Pertamina telah melakukan pendekatan komprehensif dalam menghadapi tantangan usaha di masa mendatang melalui pengembangan kapasitas dan program-program pengajaran. Atas upayanya tersebut, Pertamina melalui Pertamina Corporate University hari ini menerima akreditasi dalam Corporate Learning Improvement Process (CLIP).

Penyerahan sertifikat akreditasi dilakukan oleh Senior Advisor EFMD, Nadine Lemaitre, kepada Ahmad Bambang dalam pembukaan gelaran Pertamina International Learning Conference pertama di Hyatt Regency Hotel, Yogyakarta Rabu (18/1/2017).

"Akreditasi tersebut diperoleh dari EFMD yang merupakan satu-satunya institusi independen global yang melakukan akreditasi terhadap corporate university atau organisasi pembelajaran dan sekolah bisnis. Ini merupakan kebanggaan karena menjadi satu-satunya di Asia yang memperoleh akreditasi CLIP," kata Ahmad Bambang.

Pertamina Corporate University merupakan organisasi pembelajaran perusahaan pertama di Asia yang memperoleh akreditasi CLIP karena telah menyadari sepenuhnya akan pentingnya pengembangan kapasitas pada kondisi lingkungan perusahaan yang terus tumbuh.

Akreditasi diberikan terhadap program pembelajaran dan pengembangan kapasitas Pertamina yang menunjukkan keterlibatan yang kuat dari manajemen pada Pertamina Corporate University, efektivitas program yang diberikan, kekuatan brand dan keterlibatan pekerja, integrasi program dengan program-program pembelajaran dan proses pengembangan kapasitas SDM lainnya dan potensi pengembangannya di masa mendatang.

"Bagaimanapun, dengan kondisi dunia yang tanpa batas, kerja sama yang erat di antara para pemangku kepentingan sangat krusial untuk mengatasi tantangan di masa kini dan masa yang akan datang, khususnya di bidang pengelolaan SDM. Untuk itu, Pertamina berinisiatif memperkenalkan Pertamina International Learning Conference yang baru kali pertama dilaksanakan tahun ini dengan mengangkat tema 'Leading from ASEAN: From Awareness to Actions'," ujar Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kemeterian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah, mengapresiasi Pertamina yang telah menerima akreditasi CLIP dari EFMD tersebut.

Akreditasi CLIP ini, kata Edwin, merepresentasikan semangat Pertamina untuk memastikan proses perbaikan berkelanjutan dalam upaya membangun kapabilitas SDM sebagai bagian dari usaha Pertamina mencapai visinya sebagai World Class Energy Company.

"Pencapaian ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh BUMN dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pekerjanya untuk menghadapi tantangan lingkungan perusahaan di masa mendatang," tutupnya. (mca/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com