Follow detikFinance
Selasa 07 Mar 2017, 10:26 WIB

Jauh-jauh dari Mimika, Ratusan Karyawan Freeport Demo di Monas

Muhammad Idris - detikFinance
Jauh-jauh dari Mimika, Ratusan Karyawan Freeport Demo di Monas Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Ada yang berbeda di sekitar Patung Kuda kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Musik khas Papua terdengar keras dari 7 pengeras suara di mobil komando yang terparkir depan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebanyak sekitar 250 karyawan PT Freeport Indonesia (FPI) pagi ini tengah berunjuk rasa menuntut pemerintah agar tidak memaksakan perubahan Kontrak Karya (KK) ke Izin Usaha Khusus Pertambangan (IUPK). Sebagian besar karyawan FPI mengenakan seragam tambang, sebagian lagi mengenakan pakaian adat khas Papua.

Koordinator Gerakan Solidaritas Peduli Freeport, Maikel Adi, mengatakan para pendemo ini seluruhnya datang langsung dari Kabupaten Mimika. Menurutnya, para pekerja Freeport saat ini sudah banyak yang dirumahkan lantaran terhambatnya ekspor konsentrat dan ketidakpastian investasi.

Jauh-jauh dari Mimika, Ratusan Karyawan Freeport Demo di MonasFoto: Muhammad Idris/detikFinance

"Kami kontribusi pada negara, jangan hanya bicara pada kepentingan negara saja. Tapi juga pikirkan kepentingan rakyat di Freeport," kata Maikel ditemui lokasi demo, Selasa (7/3/2017).

Aksi yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Polisi menjaga rapat pintu masuk ke Kementerian ESDM.

Jauh-jauh dari Mimika, Ratusan Karyawan Freeport Demo di MonasFoto: Muhammad Idris/detikFinance

Dari pantauan detikFinance, sebanyak 15 orang wakil pendemo kemudian masuk minibus hitam. Mobil berpelat polisi kemudian melaju ke Istana Negara. Belum dketahui siapa yang menemui perwakilan pendemo. (idr/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed