Follow detikFinance
Rabu 08 Mar 2017, 18:17 WIB

Komisaris Pegang 3 Nama Calon Terbaik Dirut Pertamina

Hendra Kusuma - detikFinance
Komisaris Pegang 3 Nama Calon Terbaik Dirut Pertamina Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan ada 3 nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang dijagokan sebagai pengganti Dwi Soetjipto.

Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah usai acara Kaltara Investment Forum (KIF) 2017 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Edwin menyebutkan, jajaran dewan komisaris Pertamina telah mengirim 5 calon kepada BUMN, di mana kelima calon tersebut berasal dari internal Pertamina.

"Dekom semua minta kelimanya di-assest, tapi ada tiga terbaik," kata Edwin.

Pria yang juga sebagai komisaris Pertamina ini menuturkan, 5 calon yang diajukan jajaran komisaris dinilai dari leadership, bussines equipment, serta dari kemampuan sinergi.

"Yang paling utama leadership, kita tidak mencari super CEO yang mengerti semua technical, tapi yang penting leadership dia yang punya visi dan dia punya strategi yang jitu untuk membawa Pertamina seperti visi yang ditetapkan," tambahnya.

Saat ini, 5 nama calon yang diusulkan jajaran komisaris Pertamina telah sampai di meja pemegang saham, yakni Menteri BUMN Rini Soemarno. Edwin mengaku, hasil penilaian yang dilakukan jajaran Dewan komisaris terhadap para calon juga hasilnya memuaskan.

Jajaran komisaris setidaknya banyak melibatkan lembaga dalam melakukan penilaian, salah satunya yang dilakukan oleh PT Daya Dimensi Indonesia (DDI).

Meski telag memiliki 3 calon internal yang dijagokan, Edwin mengaku masih belum bisa diumumkan kepada publik. Sebab, calon-calon internal ini juga akan diajukan kepada Presiden Jokowi beserta calon-calon eksternal yang diajukan pemerintah. Menurut Edwin, Presiden Jokowi biasanya meminta calon antara 3 sampai 5 calon.

"Masih rahasia, tiga itu internal nanti digabung eksternal saya gatau ada berapa eksternalnya," jelasnya.

Meski demikian, Edwin berharap, penunjukan direktur utama PT pertamina dalam diselesaikan pada bulan ini. Namun, penunjukan masih bisa diundur jika Presiden Jokowi tidak puas dengan para calon yang diajukan.

"Bulan ini Insya Allah, mungkin bisa lebih cepat, kalau presiden belum puas mungkin kita cari lagi calon calon lain," tandasnya. (mca/mca)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed