Follow detikFinance
Senin 13 Mar 2017, 11:51 WIB

5 BUMN Bikin Perusahaan Patungan Kelola Limbah Migas

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
5 BUMN Bikin Perusahaan Patungan Kelola Limbah Migas Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan SKK Migas. Penandatanganan MoU ini dilakukan untuk pengelolaan limbah hasil kegiatan usaha minyak dan gas oleh konsorsium BUMN.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dan Deputi Bidang Industri Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno di Lantai 9 Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2017).

"Kedua belah pihak akan melakukan kajian bersama potensi pengelolaan limbah hasil kegiatan usaha hulu minyak dan gas," jelas Harry.

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini, Kementerian BUMN akan menugaskan 5 BUMN yang terdiri dari PT Pertamina (Persero), PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam), PT Bukit Asam (Persero), PT Timah (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium Persero (Inalum) untuk mengelola limbah hasil kegiatan usaha hulu migas.

Lima BUMN tersebut akan membentuk perusahaan patungan untuk menjalankan bisnis ini. Perusahaan patungan nanti akan mengkaji potensi pengelolaan limbah hasil kegiatan usaha hulu migas.

Kemudian, SKK Migas akan membantu terlaksananya kajian tersebut dari aspek penyediaan data dan informasi yang dibutuhkan.

"Kajian yang mencakup identifikasi potensi limbah dan lokasi lahan yang dapat dijadikan lokasi pembangunan fasilitas pengelolaan limbah hulu Migas, akan ditindaklanjuti dengan pra kajian kelayakan (pra Feasibilty study) kegiatan usaha pengelolaan limbah yang akan dilakukan oleh perusahaan joint venture BUMN.," tutur Harry. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed